Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk Mengetahui Faktor Rendahnya
Disiplin Belajar Peserta Didik Kelas XI Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di
Madrasah Aliyah Mujahidin Pontianak. 2) Untuk mengetahui bagaimana Upaya
Guru Dalam Mengatasi Rendahnya Disiplin Belajar Peserta Didik Kelas XI Pada
Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Mujahidin Pontianak.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
dengan mengunakan pendekatan kualitatif. Setting penelitian disini adalah di MA
Mujahidin Pontianak kelas XI. Subjek penelitiannya adalah guru akidah akhlak
dan peserta didik kelas XI. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi ,
wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu cara
mengolah data, menggolongkan data sesuai kategori kemudian dihubungkan
dengan keterkaitan konsep atau teori yang ada, dengan melihat fakta yang terjadi
dalam melakukan penelitian. Sedangkan keabsahan data dalam penelitian ini
menggunakan meningkatkan ketekunan, triangulasi dan member check.
Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1).
Apa saja penyebab rendahnya disiplin belajar peserta didik kelas XI pada mata
pelajaran akidah akhlak di madrasah aliyah Mujahidin Pontianak. 2). Upaya guru
dalam mengatasi disiplin belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran
akidah akhlak di madrasah aliyah Mujahidin Pontianak.