PEMANFAATAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP SWASTA MUJAHIDIN PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor A, Rustam
dc.contributor.advisor Budiyono, Budiyono
dc.contributor.author Isnani, Balqis Muliya
dc.date.accessioned 2023-05-08T05:10:47Z
dc.date.available 2023-05-08T05:10:47Z
dc.date.issued 2022-10
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2891
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pemanfaatan teknologi pembelajaran di SMP Swasta Mujahidin yang belum maksimal karena keterbatasan teknologi berbasis komputer, dari hal tersebut guru harus punya media alternatif lain, agar pembelajaran tetap berjalan efektif dan efesien. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan; 1) Macammacam teknologi pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dimanfaatkan di SMP Swasta Mujahidin Pontianak Tahun Pelajaran 2022/2023, 2) Hambatanhambatan pemanfaatan teknologi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Swasta Mujahidin Pontianak Tahun Pelajaran 2022/2023, 3) Cara mengatasi hambatan-hambatan dalam pemanfaatan teknologi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Swasta Mujahidin Pontianak Tahun Pelajaran 2022/2023. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian fenomenologi. Sumber data dalam penelitian ini adalah Guru mata pelajaran PAI. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data model deskriptif yang terdiri dari: reduksi data, penyajian (display) data, dan penarikan kesimpulan & verifikasi. Adapun hasil penelitiannya yaitu: 1) Macam-macam teknologi yang dimanfaatkan di SMP Swasta Mujahidin Pontianak berupa: Media presentasi powerpoint, laptop, multimedia proyektor, interactive whiteboard, jaringan (Network) dan pen IR (Infra Red). 2) Hambatan-hambatan yang dihadapi oleh guru PAI di SMP Swasta Mujahidin dalam pemanfaatan teknologi pembelajaran yaitu terkadang listrik mati sehingga teknologi berbasis komputer tidak bisa digunakan, dan hambatan lainnya berupa sarana dan prasarana pendukung yang terbatas yaitu teknologi yang akan digunakan tidak terpasang otomatis diruang kelas seperti LCD Proyektor dan Interactive Whiteboard, sehingga guru harus memasang teknologi terlebih dahulu sebelum mengajar, dari kondisi tersebut dapat menyita durasi Proses Belajar Mengajar. 3) Untuk mengatasi hambatan yang ada dengan cara: guru lebih sering mengikuti pelatihan IT agar guru tersebut semakin mahir dalam mengaplikasikan teknologi pembelajaran, guru juga harus mempersiapkan media alternatif lain saat teknologi dan media yang sudah di persiapkan mengalami masalah, dan cara yang lainnya untuk mengatasi hambatan berupa teknologi yang digunakan tidak terpasang otomatis di ruang kelas yaitu dengan cara peserta didik berinisiatif membantu guru dalam mempersiapkan dan memasang teknologi yang digunakan agar mempercepat proses pemasangan teknologi tersebut sehingga proses belajar mengajar bisa segera dimulai. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Teknologi Pembelajaran en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam (PAI) en_US
dc.subject SMP Swasta Mujahidin Pontianak en_US
dc.title PEMANFAATAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP SWASTA MUJAHIDIN PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account