Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan strategi
fundraising Rumah Zakat Kalimantan Barat, mengenai persoalan-persoalan
yang akan dikaji dalam skripsi diantaranya adalah, formulasi strategi,
implementasi strategi, dan evaluasi strategi fundraising Rumah Zakat
Kalimantan Barat.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Sumber data penelitian
ini terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder, yaitu: 1) Sumber primer
adalah pengurus Rumah Zakat Kalimantan Barat; 2) Sumber sekunder adalah
dokumen-dokumen, arsip-arsip, website, dan akun sosial media Rumah
Zakat. Pengumpulan data dilaksanakan dengan (1) Wawancara; (2)
Observasi; (3) Dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara: (1)
Reduksi data; (2) Penyajian data; dan (3) Verifikasi data. Sedangkan untuk
mendapatkan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan cara: (1)
Triangulasi; dan (2) Mengadakan member check.
Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan skripsi ini dapat
disimpulkan bahwa: (1) Formulasi strategi dimulai dari melihat peluang,
penentuan waktu, dan program kerja. Adapun mengenai strategi fundraising
oleh cabang dilakukan secara tersistem dari pengurus pusat; (2) Implementasi
strategi fundraising Rumah Zakat Kalimantan Barat bersifat langsung dan
tidak langsung dalam sosialisasinya, mengandalkan program layanan dan
mengadakan maintence donatur sebagai strateginya; (3) Evaluasi strategi
fundraising Rumah Zakat Kalimantan Barat melihat hasil perolehan dana dan
kinerja sumber daya manusia.