Abstract:
Penelitian ini membahas tentang Faktor-Faktor Yang Mendasari
Keputusan Masyarakat Dalam Berinvestasi Tanah Kavling Pada Cv Awan
Kavling Mandiri. Tujuan penelitian ini adalah :1) Untuk mengetahui proses
pengambilan keputusan masyarakat dalam pembelian tanah kavling di CV
Awan Kavling Mandiri.; 2) Untuk mengetahui sistem value berinvestasi
tanah kavling di CV Awan Kavling Mandiri; 3) Untuk mengetahui
penerapan prinsip-prinsip syariah dalam berinvetasi tanah kavling di CV
Awan Kavling Mandiri.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini terdiri
dari dua sumber, yaitu dari sumber primer dan sumber sekunder; 1)
Sumber data primer adalah Bapak Ilham Kurniawan selaku pemilik dan Ibu
Putri Puspita sari selaku Admin.; 2) Sumber data sekunder adalah
dokumen penjualan Perusahaan Awan Kavling, dokumen ini tentunya
berkaitan dengan jumlah konsumen yang berinvestasi di Perusahaan CV
Awan Kavling Mandiri.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) proses pengambilan
keputusan dilaksanakan cukup baik yaitu dengan adanya para marketing
yang mendorong, membantu, mengarahkan serta menginformasikan
masyarakat dalam berinvestasi tanah kavling yang baik sehingga proses
pengambilan keputusan bisa berjalan dengan baik: 2) nilai / value dalam
konsteks pengambilan keputusan telah sesuai dengan indikator bahwa
dalam keputusan investasi tanah kavling, lokasi yang strategis, prospek
yang tinggi, harga yang menarik, kelegalan perusahaan, kelegalan surat
menyurat tanah, keamanan hukum konsumen, serta proses yang mudah
menjadi sebuah penilaian yang sangat penting dalam masyarakat
menetapkan keputusan investasinya: 3) Prinsisp-prinsip syariah
dilaksanakan cukup baik karena Awan Kavling dalam menjalankan
usahanya telah menerapkan prinsip-prinsip syariah sehingga dapat
membantu masyarakat dalam berinvestasi tanah kavling yang akan bernilai
berkah bagi CV Awan Kavling Mandiri dan masyarakat.