Abstract:
Hobby Makan merupakan YouTuber asli Pontianak yang subscriber
mencapai 3 juta. Kanal yang memiliki oleh Richard Erfany dan istrinya sejak 14
september 2017. Richard Erfany sendiri bertempat tinggal Jl. Sungai Raya Dalam
komp Gading Victoria. Dan dibantu oleh istri nya untuk mengisi konten. Isi konten
dari kanal Hobby Makan ini sangat bervariatif seperti makanan pinggir jalan,
makanan jadul, makanan viral, borong semua, sosial eksperimen, traktiran dan titip
buat besok.
Penelitian ini berjenis deskripstif analisis dan penelitian lapangan. Proses
penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan kualitatif.sebagai
pendekatan penelitiian. Penelitian ini bertujuan menganalisis serta mengungkap
tentang Channel YouTube Hobby Makan dan pedagang kaki lima di kota
Pontianak.
Fokus penelitian ini adalah Channel Youtube Hobby Makan terhadap
pedagang kaki lima di Kota Pontianak, mengacu pada fokus penelitian, peneliti
merumuskan 2 pertanyaan, yaitu 1. Bagaimana pesan ekonomi yang disampaikan
pada konten Channel YouTube Hobby Makan kepada viewers? 2. Bagaimana
dampak konten video Channel YouTube Hobby Makan terhadap pedagang kaki
lima di kota Pontianak?
Setelah melakukan proses pembacaan, reduksi dan interpretasi, kritis
terhadap fakta dan data penelitian dengan metode Kualitatif, peneliti
mengyimpulan 1. Pesan ekonomi yang disampaikan pada konten video Channel
YouTube Hobby Makan kepada viewers tersampaikan dengan baik ke semua
penonton 2. Dampak konten video Channel YouTube Hobby Makan terhadap
pedagang kaki lima di kota Pontianak tersampaikan dengan baik oleh pedagang
kaki lima.