Abstract:
Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
penggunaan metode bercerita dengan media papan flanel terhadap
kemampuan berbahasa anak usia dini di RA Baitul Juma‟ah Pontianak
Tahun Ajaran 2021/2022 sebelum dan sesudah menggunakan media papan
flanel.
Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
yang dilaksanakan di kelas A RA Baitul Juma‟ah Pontianak. Penelitian ini
terdiri dari dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali
pertemuan. Langkah-langkah dalam pelaksanaannya yaitu; 1) perencanaan;
2) pelaksanaan; 3) pengamatan; 4) refleksi.
Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi dan
dokumentasi. Penganalisisan data yang di lakukan secara deskriptif dengan
teknik persentase. Data yang didapat merupakan data dari subjek penelitian
yang terdiri dari satu orang guru kelas dan 12 orang peserta didik.
Penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut; Kemampuan
berbahasa anak usia dini di RA Baitul Juma‟ah Pontianak Tahun Ajaran
2021/2022 sebelum menggunakan metode bercerita dengan media papan
flanel adalah dengan nilai rata-rata 77 dengan persentase 53% pada tahap
pra-siklus. Kemampuan berbahasa anak usia dini di RA Baitul Juma‟ah
Pontianak Tahun Ajaran 2021/2022 setelah menggunakan metode bercerita
dengan media papan flanel pada siklus I nilai rata-rata 116 dengan
persentase 78% dan siklus II nilai rata-rata 130 dengan persentase 90%.
Terjadi perkembangan kemampuan berbahasa pada anak usia dini setelah
menggunakan metode bercerita dengan media papan flanel di RA Baitul
Juma‟ah Pontianak Tahun Ajaran 2021/2022 dengan perbandingan 53%
pada pra-siklus, 78% pada siklus I dan 90% pada siklus II.