PENGEMBANGAN BAHAN AJAR AKIDAH AKHLAK BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI AKHLAK TERPUJI DI KELAS VIII SEMESTER GANJIL MTS TEKNOLOGI INFORMATIKA (TI) AL-MADANI PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sukino, Sukino
dc.contributor.advisor Muttaqin, Imron
dc.contributor.author Nuryanti, Sri
dc.date.accessioned 2023-04-12T05:24:54Z
dc.date.available 2023-04-12T05:24:54Z
dc.date.issued 2022-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2714
dc.description.abstract Pengembangan bahan ajar akidah akhlak berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Materi Akhlak terpuji Kelas VIII di Madrasah Tsanawiya (MTs) Teknologi Informatika (TI) Al-Madani Pontianak ini berdasarkan kenyataan bahwa peserta didik menggunakan Lembar Kerja Peserta didik (LKS), peneliti memberikan tawaran untuk melakukan pengembangan bahan ajar agar peserta didik meliki sumber ajar yang lebih menarik serta mampu meransang berpikir peserta didik dalam pelaksaan pembelajaran. Model pengembangan yang diguanakan dalam metode penelitian dan pengembangan bahan ajar ini adalah model R&D Borg and Gall (1983) yang telah disederhanakan, yaitu (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, (2) mengembangkan produk, (3) Validasi ahli dan revisi, (4) uji coba skala kecil dan revisi, dan (5) ujcoba lapangan skala besar dan produk akhir. Sedangankan subyek uji cobanya terdiri atas ahli materi/isi, ahli desain dan media pembelajaran, guru bdang studi akidah akhlak dan peserta didik kelas VIII Mts TI Al-Madani Pontianak. Hasil penelitian dan pengembangan bahan ajar akidah akhlak berupa material printed yaitu sebuah buku bahan ajar akidah akhlak berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) yang terdiri dari buku ajar peserta didik sebagai sumber pembelajaran akidah akhlak yang mengarah pada materi secera Contextual Teaching and Learning (CTL). Bahan ajar yang diberikan secara kontekstual yang berarti “teralami” oleh peserta didik. Adapun hasil uji coba bahan ajar akidah akhlak berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) oleh materi/isi diperoleh tingkat kelayakan buku peserta didik sebesar 70 dengan kualifikasi baik. Pada uji coba perorangan mendapatkan nilai rata-rata 85 dengan kualifikasi baik, nilai tersebut ddapatkan setelah dilaksanakannya pembelajaran akidah akhlak berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL). Untuk uji coba kelompok kecil terdapat peningkatan dengan nilai rata-rata 90 dengan kualifikasi baik. Adapun respon peserta didik terhadap bahan ajar akidah akhlak berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL)pada tahap uji coba kelompok kecil dengan nilai rata 72 % dengan kualifikasi baik. Untuk uji coba lapangan peserta didik mendapatkan nilai dengan rata-rata 92,33 dengan kualifikasi baik dan sangat memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Respon peserta didik terhadap bahan ajar akidah akhlak pada tahap uji coba lapangan dengan nilai rata 76 % dengan kualifikasi baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa bahan ajar akidah akhlak berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) pada materi akhlak terpuji kelas VIII MTs TI Al-Madani Pontianak dapat digunakan untuk peserta didik karena bahan ajar termasuk dalam kategori baik dilihat dari tahap uji coba yang telah dilaksanakan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pengambangan en_US
dc.subject Bahan Ajar en_US
dc.subject Akidah akhlak en_US
dc.subject Contextual Teaching And Learning en_US
dc.title PENGEMBANGAN BAHAN AJAR AKIDAH AKHLAK BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI AKHLAK TERPUJI DI KELAS VIII SEMESTER GANJIL MTS TEKNOLOGI INFORMATIKA (TI) AL-MADANI PONTIANAK en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account