PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM MENURUT K. H. M. ALI USMAN (1915-1988) PADA MADRASAH AL-RAUDHATUL ISLAMIYAH DI PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hidayat, Samsul
dc.contributor.advisor Amin, Faizal
dc.contributor.author Amalia, Rizki
dc.date.accessioned 2023-04-12T05:15:42Z
dc.date.available 2023-04-12T05:15:42Z
dc.date.issued 2022-09
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2713
dc.description.abstract K. H. M. Ali Usman merupakan salah seorang tokoh pendidikan Islam yang dimiliki Kalimantan Barat namun kehadiran beliau belum banyak diketahui oleh masyarakat Kalimantan Barat. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk menjelaskan latar belakang pembaharuan K. H. M. Ali Usman (1915-1988) pada Madrasah Al-Raudhatul Islamiyah di Pontianak, (2) untuk mendiskripsikan Komponen Pendidikan yang diperbaharui oleh beliau, (3) dan untuk menganalisis karakteristik pembaharuan yang dikembangkan oleh beliau. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi tokoh yang bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan eksploratif dan otobiografi. Ekploratif digunakan guna mengkaji sesuatu yang belum diketahui, belum difahami dan belum dikenal dengan baik, Sedangkan autobiografi dilakukan guna memahami tokoh K. H. M. Ali Usman berdasarkan tokoh lain yang memiliki disiplin ilmu yang sama maupun berbeda. Adapun sumber data penelitian ini terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder. Data primer diperoleh dari arsip milik Lembaga Pendidikan Islam Badan Wakaf Al-Raudhatul Islamiyah (BAWARI) Pontianak dan arsip pribadi pengurus Madrasah Al-Raudhatul Islamiyah Pontianak dan dari keluarga besar K. H. M. Ali Usman. Sedangkan data sekunder penelitian ini adalah karya tulis lain tentang K. H. M. Ali Usman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembaharuan yang dilakukan oleh K. H. M. Ali Usman di Madrasah Al-Raudhatul Islamiyah dilatarbelakangi oleh dua faktor, yakni faktor dari luar dan faktor dari dalam. Faktor luar bersumber dari lingkungan masyarakat Pontianak saat itu, dan dari pengalaman pribadi beliau., (2) Pembaharuan yang dilakukan K. H. M. Ali Usman terfokus pada beberapa komponen pendidikan Islam yakni: tujuan, pendidik, peserta didik, materi/kurikulum, dan metode pendidikan., (3) Karakteristik pembaharuan K. H. M. Ali Usman bersifat sintesis, elastis, fleksibel, berhaluan ajaran Islam kaum Tradisionalis (Ahlussunnah wal Jama’ah), dan kesetaraan gender (laki-laki dan perempuan dalam satu kelas), serta untuk semua golongan en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pembaharuan en_US
dc.subject Pendidikan Islam en_US
dc.subject Madrasah en_US
dc.title PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM MENURUT K. H. M. ALI USMAN (1915-1988) PADA MADRASAH AL-RAUDHATUL ISLAMIYAH DI PONTIANAK en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account