Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku konsumsi,
faktor-faktor yang mempengaruhi dan pemahaman Ibu rumah tangga
dalam memilih produk pangan kemasan sertifikasi halal Badan
Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) pada Majlis Ta’lim AlAnshar Kecamatan Mempawah Timur Kabupaten Mempawah
Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif.
Sumber data keterangan para informan dan dokumen-dokumen. Adapun
pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan bersifat kualitatif
dengan melakukan langkah-langkah analisis data yakni: pengumpulan
data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1 ) Bentuk perilaku konsumsi
Ibu rumah tangga ma
jlis ta’lim Al-Anshar yaitu: memiliki keyakinan/aqidah
yang kuat, sikap tawakkal, bertransaksi pada produk yang halal, tidak
memiliki sikap buruk sangka dalam transaksi, bisa menunaikan hak dan
kewajibannya serta memiliki sikap administratif dalam transaksi. 2) Faktor
-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumsi Ibu rumah tangga majlis
ta’lim Al-Anshar adalah: faktor agama, faktor psikologi
(motivasi, persepsi,
pembelajaran dan memori), faktor pribadi, faktor sosial dan faktor budaya.
3) Pemahaman Ibu rumah tangga majlis ta’lim Al-Anshar diantaranya; a)
terciptanya sikap kepatuhan, ketaatan dan ketakwaan kepada Allah SWT
serta berharap keberkahan dan pahala, b) terciptanya karakter yang jujur
dan bisa meninggalkan sesuatu yang haram, c) sebagai sarana beribadah
kepada Allah SWT dan menjalin hubungan baik dengan sesama manusia,
d) terciptanya sikap nyaman, tentram dan tidak ragu-ragu serta bersikap
sederhana dan tidak boros, e) terciptanya sikap tanggungjawab terhadap
dirinya dan keluarganya serta tanggung jawab kepada Allah SWT.