PENGARUH LABEL HALAL DAN GAYA HIDUP (LIFESTYLE) TERHADAP PERILAKU KONSUMEN MENGKONSUMSI PRODUK MAKANAN BERLABEL HALAL PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ariza, Anggatia
dc.contributor.advisor Kalbarini, Rahmah Yulisa
dc.contributor.author Resti, Resti
dc.date.accessioned 2023-04-05T00:35:49Z
dc.date.available 2023-04-05T00:35:49Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2661
dc.description.abstract Halal bukan lagi terkait dengan syariah compliance, tapi sudah berkembang jadi tren gaya hidup anak muda saat ini. Gaya hidup juga memiliki daya tarik dan potensi besar dalam aspek bisnis. Saat ini, label halal menjadi fenomena perdagangan dunia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Hubungan dan pengaruh signifikan label halal terhadap perilaku konsumen mengkonsumsi makanan berlabel halal. (2) Hubungan dan pengaruh signifikan gaya hidup (lifestyle) terhadap perilaku konsumen mengkonsumsi makanan berlabel halal. (3) Hubungan dan pengaruh signifikan label halal dan gaya hidup (lifestyle) terhadap perilaku konsumen mengkonsumsi makanan berlabel halal. Penelitian ini tergolong penelitian asosiatif yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Pontianak. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 87 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui kuesioner atau angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda, sedangkan untuk uji signifikansi menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang negatif dan tidak signifikan antara label halal terhadap perilaku konsumen mengkonsumsi produk makanan berlabel halal dengan nilai t hitung lebih kecil dari t tabel 1,658 < 1,989 menunjukkan hubungan yang negatif dan tidak signifikan sebesar 0,101 >0,05. (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya hidup (lifestyle) terhadap perilaku konsumen mengkonsumsi produk makanan berlabel halal dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel 3,072 > 1,989 menunjukkan hubungan yang positif dan signifikan sebesar ,003 < 0,05. (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara label halal dan gaya hidup (lifestyle) secara simultan (bersama-sama) terhadap perilaku konsumen mengkonsumsi produk makanan berlabel halal dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel 5,783 > 1,989 menunjukkan hubungan yang positif dan signifikan sebesar 0,000 < 0,05. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Makanan Berlabe Halal en_US
dc.subject Perilaku Konsumen en_US
dc.subject Label Halal en_US
dc.subject Gaya Hidup (Lifestyle) en_US
dc.title PENGARUH LABEL HALAL DAN GAYA HIDUP (LIFESTYLE) TERHADAP PERILAKU KONSUMEN MENGKONSUMSI PRODUK MAKANAN BERLABEL HALAL PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account