STRATEGI PENINGKATAN PENDAPATAN DROPSHIPPER DI KALANGAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM IAIN PONTIANAK PADA ERA INDUSTRI 4.0

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yulia, Yulia
dc.contributor.advisor Fauziah, Fauziah
dc.contributor.author Azizah, Nur
dc.date.accessioned 2023-04-04T06:02:17Z
dc.date.available 2023-04-04T06:02:17Z
dc.date.issued 2022-07-21
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2658
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan oleh peneliti bertujuan untuk mengetahui: gambaran mengenai jual beli dropshipping di kalangan mahasiswa FEBI IAIN Pontianak, strategi peningkatan pendapatan dropshipper di kalangan mahasiswa FEBI IAIN Pontianak dalam menghadapi industri 4.0 dan gambaran Strategi jual beli online yang bisa meningkatkan gaya hidup mahasiswa FEBI IAIN Pontianak Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hal tersebut digunakan untuk menggambarkan dan meyajikan data dan fakta-fakta yang sesungguhnya Strategi Peningkatan Pendapatan Dropshipper Di Kalangan Mahasiswa FEBI IAIN Pontianak Pada Era Industri 4.0. Dalam penelitian ini menggunakan alat pengumpulan data yakni: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, peyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Strategi Jual Beli dropshipping di kalangan mahasiswa/i FEBI IAIN Pontianak sudah berjalan sejak lama. Mayoritas informan sudah mulai bisnis jual-beli online (dropship) beraneka ragam, ada yang menjual pakaian, aksesoris, perabot, alat kecantikan, makanan, dan lain-lain. Mekanisme Dropshipper yang dilakukan oleh informan hampir sama, yaitu bekerja sama dengan agen/supplier untuk memenuhi kebutuhan konsumen. 2) Strategi peningkatan pendapatan dropshipper di kalangan mahasiswa/i FEBI IAIN Pontianak hampir sama. Metode yang dilakukan oleh informan yaitu: Berinteraksi secara langsung kepada konsumen (offline) dan memanfaatkan sosial media (Instagram, Facebook, dan WhatsApp) sebagai media jual-beli online. Selain itu, dalam meningkatkan pendapatannya, mayoritas informan juga memperhatikan kualitas barang, harga, metode pelayanan/penyaluran, dan promosi. 3) strategi Jual beli online yang bisa meningkatkan gaya hidup mahasiswa FEBI IAIN Pontianak. Hal ini berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang peneliti lakukan kepada beberapa informan yang mengatakan bahwa pendapatan akan mempengaruhi gaya hidup seseorang. Ditambah lagi dengan dorongan kebutuhan utama (primer) maupun kebutuhan tambahan (sekunder). Selama menjadi (Dropship), informan merasa terbantu untuk memenuhi kebutuhannya dan menjadi ladang mencari rezeki. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Strategi peningkatan en_US
dc.subject pendapatan en_US
dc.title STRATEGI PENINGKATAN PENDAPATAN DROPSHIPPER DI KALANGAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM IAIN PONTIANAK PADA ERA INDUSTRI 4.0 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account