Abstract:
Persaingan bisnis yang kompetitif menuntut perusahaan untuk bertahan dan
menciptakan suatu strategi usaha yang tepat. Kegiatan strategi usaha merupakan hal
yang terpenting dalam menentukan berhasil atau tidaknya suatu perusahaan
memperoleh laba maupun keuntungan dalam kegiatan usahanya. Aktivitas
persaingan usaha dan strategi pengembangan usaha memegang peranan penting
dalam dunia bisnis atau usaha.
Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui persaingan
usaha di bidang jasa logistik dan untuk mengetahui strategi yang diterapkan PT
Raja Samudera Logistics untuk mengembangkan usahanya
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan
kualitatif. Data yang di gunakan adalah data primer yang diproleh dari pemilik
perusahaan dan manager perusahaan PT Raja Samudera Logistics. Data sekunder
digunakan dengan refrensi yang telah ada. Metode pengumpulan data adalah
wawancara, dokumentasi dan observasi.
Hasil penelitian ini bahwa penerapan strategi usaha yang di lakukan oleh PT
Raja Samudera Logistics agar dapat bersaing dengan perusahaan lain dibidang jasa
logistik, dari aspek aspek tersebut PT Raja Samudera Logistics menerapkan strategi
harga dan meningkatkan kualitas pelayanan. Strategi pengembangan usaha yang
dilakukan oleh PT Raja Samudera Logistics dengan cara menerapkan kordinasi,
komunikasi dan kualitas pelayanan.