Abstract:
Pertumbuhan teknologi informasi yang sangat pesat di era
globalisasi ini, pelayanan perbankan dituntut lebih cepat, mudah, dan
fleksibel. Pesatnya pertumbuhan internet merubah cara perusahaan
terhubung dengan konsumennya, tidak terkecuali bisnis perbankan.
Penggunaan internet banking dan mobile banking lebih banyak
keuntungannya, karena dengan menggunakan internet banking dan
mobile banking nasabah akan lebih menghemat pulsa, karena tarif
menggunakan sms banking lebih banyak daripada menggunakan kuota
data internet dalam sekali transaksi, lebih cepat, tidak perlu antri, mudah
dalam penggunaannya, dan lain-lain.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan minat
mahasiswa S1 Perbankan Syariah dalam penggunaan layanan internet
banking dan mobile banking. penelitian ini menggunakan teknik
pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan
terhadap mahasiswa yang menggunakan layanan internet banking dan
mobile banking dan dokumentasi diambil dari transaksi responden
dalam penggunaan internet banking dan mobile banking. semua datadata tersebut dianalisis secara induktif.
Dari hasil penelitian, minat mahasiswa S1 Perbankan
Syariah IAIN Pontianak terbagi menjadi dua, yaitu minat personal
dan situasional. minat tersebut dipengaruhi oleh tiga faktor yaitu faktor
sosial, faktor pribadi dan faktor psikologi.