PENGARUH PENERAPAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP KETERAMPILAN BERWUDHU PADA PEMBELAJARAN PAI DI KELAS VII SMP NEGERI 17 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Dulhadi, Dulhadi
dc.contributor.advisor Wahidah, Andina Nurul
dc.contributor.author Agustati, Sri
dc.date.accessioned 2023-03-24T03:19:05Z
dc.date.available 2023-03-24T03:19:05Z
dc.date.issued 2022-10-17
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2580
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya fakta hasil pra observasi bahwa siswa kelas VII di SMP Negeri 17 Pontianak masih kurang terampil dalam berwudhu, seperti tidak tertib tidak sempurna dalam membasuh anggota wudhu, karena tidak ada praktik yang dapat ditiru oleh siswa. Sehingga dari permasalahan tersebut peneliti tertarik dengan salah satu metode yaitu metode demonstrasi dalam upaya meningkatkan terhadap keterampilan berwudhu. Oleh karena itu, secara umum penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh metode demonstrasi terhadap keterampilan berwudhu pada pembelajaran PAI di kelas VII SMP Negeri 17 Pontianak. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen dengan desain Randomized Solomon 4 Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simpel random sampling adapun jumlah keseluruhan peserta didik kelas VII sebanyak 210 orang di SMP Negeri 17 Pontianak jumlah sampel yang diteliti peneliti sebanyak 119 peserta didik, yang terbagi 4 kelas VII A, VII B, VII C dan VII D. Kelompok eksperimen yaitu kelas VII B dan VII C, sedangkan kelompok kontrol yaitu VII A dan VII D. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes, teknik komunikasi tidak langsung, dan teknik dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji Mann Whitney sebagai uji hipotesis penelitian ini, setelah melalui uji dua prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan metode demonstrasi terhadap keterampilan berwudhu pada pembelajaran PAI di kelas VII SMP Negeri 17 Pontianak dengan kesimpulan berikut: Pertama, penerapan metode demonstrasi terhadap keterampilan berwudhu pada pembelajaran PAI di kelas VII SMP Negeri 17 Pontianak terlaksana dengan kategori sangat baik. Kedua, hasil keterampilan berwudhu pada peserta didik di kelas VII SMP Negeri 17 Pontianak, pada kelompok eksperimen diperoleh hasil nilai rata-rata pre test 72,75 dan post test 96,21. Sedangkan pada kelompok kontrol pre test 74,88 dan post test 94,28. Maka dapat diketahui hasil peningkatan nilai ratarata post-test kelompok eksperimen lebih besar daripada kelompok kontrol dengan selisih 1,93. Ketiga, berdasarkan hasil hipotesis menggunakan uji Mann Whitneyy diperoleh nilai signifikansi 0,01 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan berwudhu pada pembelajaran PAI di kelas VII SMP Negeri 17 Pontianak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode Demonstrasi en_US
dc.subject Keterampilan Berwudhu en_US
dc.title PENGARUH PENERAPAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP KETERAMPILAN BERWUDHU PADA PEMBELAJARAN PAI DI KELAS VII SMP NEGERI 17 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account