Abstract:
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pendidikan Islam
dalam buku The Power Of Ikhlas; 2) Materi pendidikan Islam dalam buku The
Power Of Ikhlas; 3) Metode pendidikan Islam dalam buku The Power Of Ikhlas.
Penelitian ini termasuk penelitian studi kepustakaan (library research).
Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder,
yaitu: 1) Sumber primer dalam penelitian ini adalah buku yang berjudul The
Power Of Ikhlas sebagai sumber utama; 2) Sumber sekunder adalah: a) Buku
berjudul Quantum Ikhlas karya Erbe Sentanu tahun 2009 terbitan PT Elex Media
Komputindo, Jakarta; b) Buku berjudul Bahagia Ketika Ikhlas karya Rena Puspa
tahun tahun 2014 terbitan PT Elex Media Komputindo, Jakarta; c) Buku berjudul
Rahasia Ikhlas karya Syeikh Abu Thalib al Makki tahun 2015 terbitan Zaman,
Jakarta, dan buku-buku lainnya.
Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan NilaiNilai Pendidikan Islam pada Upacara Walimatul Ursy Suku Bugis di Kecamatan
Pontianak Timur sebagai berikut: 1) Tujuan pendidikan Islam dalam buku The
Power Of Ikhlas antara lain a) menanamkan Akidah (Tauhid), menanamkan
perasaan ketuhanan kepada setiap individu. Oleh karena itu, kisah-kisah tersebut
akan dapat diraih oleh orang-orang yang mau berfikir mengambil ibrah dan
pelajaran, b) menanamkan akhlak Islamiyah, kisah-kisah yang terdapat di dalam
buku The Power Of Ikhlas, memberikan pelajaran agar berperilaku seperti akhlak
tokoh-tokoh yang dikisahkan dan diterangkan di dalam buku tersebut. c)
menanamkan Syariah (Ibadah), dapat diambil contoh bagaimana diceritakan di
buku tersebut tentang ibadah kepada Allah Swt dengan penuh keikhlasan hanya
mengharapkan ridhonya,; 2) Materi pendidikan Islam dalam buku The Power Of
Ikhlas antara lain, a) pendidikan Akidah, b) pendidikan Akhlak, c) pendidikan
Sejarah Islam; 3) Metode pendidikan Islam dalam buku The Power Of Ikhlas
antara lain a) metode Kisah/Cerita, dan b) Metode Keteladanan