Abstract:
Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis: Pertama, pelanggaran
disiplin yang dilakukan siswa pada kelas III. Kedua, prestasi belajar siswa kelas III.
Ketiga, seberapa besar hubungan antara pelanggaran disiplin dan prestasi belajar
siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kubu Raya Tahun Pelajaran 2021/ 2022.
Adapun penelitian yang dianggap cocok adalah korelasional dengan
pendekatan kuantitatif dan metode deskriptif. Hasil dari analisis deskriptifnya dapat
disimpulkan bahwa pelanggaran disiplin yang dilakukan oleh peserta didik kelas III
sebesar 22,59% dan prestasi belajar peserta didik kelas III sebesar 77, 05%
Berdasarkan uji korelasi pearson bahwa hubungan korelasi antara variabel X dan
Variabel Y sebesar 49,56% termasuk kategori kuat. Karena Pearson Correlation
dalam analisis ini bersifat negatif atau dengan kata lain semakin menurun
pelanggaran disiplin maka semakin meningkat prestasi belajar peserta didik.