PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SECARA DARING PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Khairawati, Khairawati
dc.contributor.advisor Nelly, Nelly
dc.contributor.author Srimulyani, Nurmila
dc.date.accessioned 2023-03-20T04:04:55Z
dc.date.available 2023-03-20T04:04:55Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2564
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi pandemi COVID-19 yang terjadi berdampak pada dunia pendidikan, dalam proses pembelajaran lebih tepatnya pada mata kuliah praktik pembelajaran menggunakan sistem daring, mahasiswa diminta untuk merekam kegiatan praktik mengajarnya melalui video dan mengaplikasikan lewat youtube kemudian linknya dikirim kepada dosen yang mengampu mata kuliah pembelajaran. Oleh karena itu maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengumpulkan data dan menganalisis 1) Perencanaan pembelajaran 2) Pelaksanaan pembelajaran 3) Kesulitan mahasiswa dalam perencanaan pembelajaran 4) Kesulitan mahasiswa dalam pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitiannya di kampus IAIN Pontianak dan sumber datanya adalah mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi non partisipan mengamati kegiatan pelaksanaan pembelajaran SKI melalui link youtube video praktik pembelajaran SKI yang dilakukan oleh mahasiswa PAI serta teknik dokumentasi untuk mengumpulkan data dari dokumen yang sudah ada, seperti : RPP, dan data nilai-nilai hasil akhir mata kuliah pembelajaran SKI. Alat pengumpulan datanya adalah daftar (check list), karena dapat mempermudah peneliti untuk menguraikan aspek yang diamati sehingga pada daftar tersebut peneliti dapat memberikan tanda check list pada aspek yang diamati. Data yang didapat kemudian dianalisis dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Kesimpulan penelitian ini secara umum adalah Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) secara daring di Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) Semester Genap Tahun Akademik 2019/2020 berkategori cukup dan kurang. Secara khusus kesimpulannya adalah: 1) Perencanaan pembelajaran yang dibuat mahasiswa dalam pembelajaran SKI secara daring di priodi PAI mempunyai rata-rata 80% mengatakan penyusunan RPP berkategori lengkap, sedangkan yang tidak lengkap sebanyak 20%. 2) Pelaksanaan pembelajaran SKI secara daring diperoleh rata-rata 59,87% dan hasil tabel frekuensi pun memperlihatkan bahwa 53,3% dengan kategori cukup dan 46,7% berkategori kurang. 3) Kesulitan mahasiswa dalam membuat perencanaan pembelajaran SKI secara daring di prodi PAI yaitu 20% menjawab bahwa tidak lengkap. 4) Kesulitan mahasiswa dalam pelaksanaan pembelajaran SKI secara daring di prodi PAI dalam penelitian ini diperoleh data pelaksanaan pembelajaran SKI yaitu 53,3% mahasiswa mengatakan pelakasanaan pembelajaran SKI secara daring diprodi PAI berkategori cukup dan 46,7% berkategori kurang. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam en_US
dc.subject Daring en_US
dc.title PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SECARA DARING PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account