EKSISTENSI BISNIS BUDIDAYA HIDROPONIK DI KOTA PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ariza, Anggatia
dc.contributor.advisor Atiqah, Nur
dc.contributor.author Zahranadira, Zahranadira
dc.date.accessioned 2023-03-14T03:55:06Z
dc.date.available 2023-03-14T03:55:06Z
dc.date.issued 2023-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2522
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk : 1) Mengetahui bagaimana eksistensi bisnis budidaya hidroponik dalam perkembangan bisnisnya di Kota Pontianak. 2) Mengetahui bagaimana eksistensi bisnis budidaya hidroponik pada masa Covid-19. 3) Mengetahui bagaimana strategi bagi para pengusaha budidaya hidroponik di Kota Pontianak dalam mempertahankan eksistensi bisnisnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Kota Pontianak. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Data primer diperloleh dari observasi, wawancara, serta dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian kepada pengusaha petani hidroponik di Kota Pontianak dan data sekunder diperoleh dari jurnal, buku, serta artikel-artikel yang berkaitan dengan penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara langsung kepada pengusaha petani hidroponik serta dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: 1) Bisnis budidaya hidroponik di Kota Pontianak saat ini semakin eksis karena diketahui penjualan dan permintaan terhadap produk hidroponik semakin meningkat dan konsumennya semakin bertambah. 2) Keadaan bisnis budidaya hidroponik pada masa pandemi covid-19 masih eksis dan stabil, karena pada masa covid-19 dan sebelum covid-19 pun masih tetap ada permintaan dari konsumen dan pasar. 3) Strategi yang digunakan pebisnis hidroponik untuk tetap mempertahankan keksistensianya yaitu menjaga kualitas produk agar tetap segar dan bersih, distribusinya disalurkan langsung ke konsumen dan melalui reseller, menjaga kestabilan harga, memberikan diskon, menitipkan produk di pasar dan toko atau langsung ke kebun, melakukan promosi melalui sosial media dengan memposting foto, membuat konten-konten vidio, dan membuat story terkait produk agar dapat memperluas pasar dan mendapatkan konsumen-konsumen baru. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Eksistensi en_US
dc.subject Bisnis Budidaya Hidroponik en_US
dc.title EKSISTENSI BISNIS BUDIDAYA HIDROPONIK DI KOTA PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account