Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh
Pendidikan terhadap Kemiskinan di Kalimantan Barat. 2) Untuk mengetahui
pengaruh Pengangguran terhadap Kemiskinan di Kalimantan Barat. 3) Untuk
mengetahui pengaruh Pendidikan dan Pengangguran secara simultan terhadap
Kemiskinan di Provinsi Kalimantan Barat.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
kuantitatif. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi
data panel yang menggunakan data antar ruang (cross section) yakni data yang
mewakili empat belas kabupaten/kota provinsi Kalimantan Barat dan data antar
waktu (time series) yakni data dari tahun 2014 sampai dengan 2021.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial (individu): 1)
Pendidikan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Kemiskinan di
Kalimantan Barat dengan nilai sig 0.0329 artinya pendidikan meningkat maka
akan menurunkan kemiskinan di Kalimantan Barat. 2) Pengangguran berpengaruh
positif dan signifikan terhadap Kemiskinan di Kalimantan Barat dengan nilai sig
0.0375 artinya semakin tinggi pengangguran maka akan menaikkan tingkat
kemiskinan di Kalimantan Barat. 3) Pendidikan dan Pengangguran secara
simultan berpengaruh signifikan terhadap Kemiskinan di Kalimantan Barat
dengan nilai prob F-statistik sebesar 0.00000 artinya pendidikan dan
pengangguran berpengaruh menaikkan kemiskinan di Kalimantan Barat.