PENGEMBANGAN BISNIS YANG BERBASIS EKONOMI KREATIF MELALUI ANALISIS SOAR PADA 101 COFFEE HOUSE DI PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nurcholifah, Ita
dc.contributor.advisor Jayanti, Fitri
dc.contributor.author Sari, Nofita
dc.date.accessioned 2023-03-13T02:39:05Z
dc.date.available 2023-03-13T02:39:05Z
dc.date.issued 2023-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2505
dc.description.abstract Saat ini Indonesia sedang memasuki gelombang IV yang dimana berbagai macam usaha bisnis berkembang salah satunya ialah usaha bisnis Coffee shop. Hal ini berdampak pada perkembangan sektor bisnis kopi yang mengalami peningkatan dengan begitu cepat di Indonesia. Fenomena ini lah yang diambil oleh Badan Ekonomi Kreatif yang dibentuk satu tahun lalu dan alasan Badan Ekonomi Kreatif menetapkan kuliner sebagai lokomotif yang berperan sebagai penggerak subsektor kuliner dalam industri kreatif. Cafe 101 Coffee House sebagai satu diantara pelaku bisnis dalam bidang ekonomi kreatif sudah mengalami banyak perkembangan didirikan pertama kali pada tahun 2018. Seiring berkembangnya trend Coffee shop pada tahun 2020 sudah banyak sekali kemunculan Coffee shop baru yang semangkin meningkat namun 101 Coffee House ternyata mampu mempertahankan eksistensi yang dimiliki di tengah gempuran banyaknya Coffee shop. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui: 1) faktor-faktor internal 101 Coffee House dalam pengembangan ekonomi kreatif; 2) faktor-faktor eksternal 101 Coffee House dalam pengembangan ekonomi kreatif; 3) pengembangan strategi 101 Coffee House berdasarkan analisis SOAR. Jenis penelitian yang diterapkan oleh penulis ialah penelitian lapangan (field research) dengan lokasi penelitian cafe 101 Coffee House yang berlokasi di Jl Ujung Pandang Pontianak. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sementara itu, teknik analisis data yang diterapkan ialah analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis SOAR. Analisis SOAR digunakan dengan tujuan guna menyusun rumusan alternatif strategi yang bisa dijalankan oleh perusahaan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa melalui tahapan strategis dan analisis SOAR menunjukkan strategi yang dijalankan 101 Coffee House cukup efektif dalam pengembangan usahanya namun melihat beberapa peluang dan pangsa pasar terbuka dengan banyaknya muncul usaha yang serupa maka diperlukan strategi tambahan dengan memanfaatkan kekuatan (strengths) yang dimiliki. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pengembangan en_US
dc.subject Bisnis en_US
dc.subject Ekonomi Kreatif en_US
dc.subject Analisis SOAR en_US
dc.title PENGEMBANGAN BISNIS YANG BERBASIS EKONOMI KREATIF MELALUI ANALISIS SOAR PADA 101 COFFEE HOUSE DI PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account