ANALISIS KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH KREDIT PEMILIKAN RUMAH (KPR) PADA BANK SYARIAH

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nurmasari, Nurmasari
dc.contributor.advisor Hanis, Rianda
dc.contributor.author Saputri, Galuh
dc.date.accessioned 2023-03-07T06:00:16Z
dc.date.available 2023-03-07T06:00:16Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2458
dc.description.abstract Dalam dunia perbankan di Indonesia saat ini, Perbankan Syariah sudah tidak lagi dianggap sebagai tamu asing. Hal ini disebabkan kinerja dan kontribusiPerbankan Syariah terhadap perkembangan industri perbankan di Indonesia selama 10 tahun terakhir. Keadaan ekonomi yang belum pulih akibat krisis ekonomi hingga saat ini berdamapak pada tingkat kestabilan ekonomi yang lamban dan penurunan tingkat daya beli masyarakat terhadap barang-barang konsumsi terutama pada kebutuhan pokok yang semakin hari semakin terjadi peningkatan harga. Kebutuhan sandang, pangan, dan papan harus terus terpenuhi. Kebutuhan papan (prasarana tempat tinggal) merupakan salah satu kebutuhan yang amat penting dan merupakan salah satu tujuan pembangunan nasional yang sudah lama menjadi program pemerintah untuk mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat. Oleh karena itu pemerintah melalui perbankan merealisasikan pemberian kredit. Peningkatan permintaan nasabah akan rumah melalui produk KPR yang disediakan oleh lembaga keuangan yaitu bank dapat meningkat karena disebabkan oleh faktorfaktor yang mendasari nasabah untuk melakukan pembiayaan perumahan. Salah satu faktor yang mempengaruhi hal tersebut diantaranya harga, lokasi, dan promosi. Jika harga produk yang ditawarkan oleh perbankan syariah dapat dijangkau oleh lapisan masyarakat maka dapat dikatakan masyarakat akan menggunakan produk tersebut dan tentunya disesuaikan dengan harga yang ada sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan masyarakat. Promosi yang digencar secara terus menerus agar nasabah mengetahui produk-produk yang di jual akan membuat nasabah tertarik terhadap produk tersebut. Promosi yang menarik dan efektif akan mampu menarik minat nasabah menggunakan produk dan jasa pelayanan bank. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kausal komparatif. Berdasarkan teknik pengambilan sampel dengan accidental sampling didapatkan sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dengan menggunakan skala likert dan menggunakan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji instrumen data, uji asumsi klasik, uji parsial (uji t), uji simultan (uji f), dan uji koefisien determinasi (r2). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan, promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan, kemudian harga dan promosi secara simultan berpengaruh terhadap pengambilan keputusan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Harga en_US
dc.subject Promosi en_US
dc.subject Pengambilan Keputusan en_US
dc.subject Bank Syariah Indonesia en_US
dc.title ANALISIS KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH KREDIT PEMILIKAN RUMAH (KPR) PADA BANK SYARIAH en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account