KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MENGHAFAL ALQURAN DENGAN METODE KAUNY QUANTUM MEMORY DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Misdah, Misdah
dc.contributor.author Aswad, Aswad
dc.date.accessioned 2023-03-07T03:13:35Z
dc.date.available 2023-03-07T03:13:35Z
dc.date.issued 2022-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2451
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan Ekstrakurikuler menghafal dengan Metode Kauny Quantum Memory di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pontianak. Oleh karena itu tujuan penelitian ini untuk menganalisis tentang: (1) Perencanaan Ekstrakurikuler Hafalan Alquran yang dilakukan guru-guru di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pontianak (2) Pelaksanaan pembelajaran Hafalan Alquran pada kegiatan Ekstrakurikuler yang dilakukan guru-guru guru-guru di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pontianak (3) Evaluasi kegiatan ekstrakurikuler Hafalan Alquran dalam peningkatan kualitas hafalan siswa yang dilakukan guru-guru Madrasah Aliyah Negeri 2 Pontianak Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan metode kualitatif sumber datanya pengajar Tahfidz Alquran. Proses pengumpulan datanya melalui observasi, dokumen dan wawancara dengan proses kerjanya Tahap Pra Lapangan, Tahap Pekerjaan Lapangan. Tahap Pasca Lapangan. Analisis Penjodohan pola, Pembuatan eksplanasi dan Analisis deret waktu. Adapun hasil penelitian ini (1) Perencanaan pembelajaran menghafal Alquran telah direncanakan jauh sebelum pelaksanaan kegiatan pembelajaran dimulai dengan Menentukan Tujuan Pembelajaran, Menentukan Standar kompetensi lulusan pembelajaran Tahfiz, Menentukan Kurikulum, Menentukan instruktur atau guru tahfidz (2) Pelaksanaan pembelajaran menghafal Alquran telah dilaksanakan dengan Pembina mengawali pembelajaran dengan mengucapkan salam, Ketua kelompok memimpin doa bersama dengan membaca surat Al Fatihah dan membaca do’a kalamun, Para santri tahfidz mempersiapkan setoran maupun deresan yang akan diajukan kepada Pembina, Para santri tahfidz yang sudah siap maju satu persatu kepada Pembina, Guru menyimak para santri yang maju dengan teliti dan benar, Ketua kelompok memimpin selesainya kegiatan menghafal Alquran dengan membaca do’a Maulayasol, Guru mengakhiri pembelajaran menghafal Alquran dengan mengucapkan salam penutup. (3) Evaluasi pembelajaran menghafal Alquran telah dilaksanakan setiap akhir bulan, dengan cara menguji santri yang selesai merampungkan satu juz baru dalam bulan tersebut, Ketentuan kesalahan setiap juz maksimal 20 kali, jika kesalahan lebih 20 kali maka santri tersebut belum lulus, Absen santri, guru tahfidz yang mengabsen santri, Evaluasi mingguan dan bulanan dilakukan oleh guru tahfidz, dalam satu bulan setiap santri harus mampu menghafal satu juz atau sepuluh lembar. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Ekstrakurikuler en_US
dc.subject Menghafal Alquran en_US
dc.subject Metode Kauny Quantum Memory en_US
dc.title KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MENGHAFAL ALQURAN DENGAN METODE KAUNY QUANTUM MEMORY DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 PONTIANAK en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account