NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM FILM ANIMASI “ PADA ZAMAN DAHULU ”

Show simple item record

dc.contributor.advisor Zurayah, Helva
dc.contributor.advisor Abdullah, Faisal
dc.contributor.author Nuraini, Nuraini
dc.date.accessioned 2023-03-03T02:12:06Z
dc.date.available 2023-03-03T02:12:06Z
dc.date.issued 2022-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2437
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi dari pendidikan akhlak. Anak merupakan sebuah amanah dari Allah SWT yang dipercayakan kepada setiap orang tua untuk mengasuh dan mendidiknya. Pendidikan merupakan proses yang paling bertanggung jawab dalam melahirkan generasi yang berakhlak mulia, memiliki karakter yang bermoral. Namun, di zaman modern sekarang ini banyak sekali film-film yang ditayangkan merusak pola pikir dan tingkah laku generasi bangsa, membuat resah karena kurang mendidik, contohnya film perkelahian, percintaan dan perselingkuhan. Untuk itu orang tua harus memberikan bimbingan, melihat dan mengayomi anak untuk menonton film yang membentuk prilaku anak yang baik. Film animasi “Pada Zaman Dahulu” adalah salah satu film favorit anakanak, karena menayangkan cerita fabel. Selain itu penyajian filmnya menarik, simpel, ada kehidupan manusia dan binatang sebagai contoh pendidikan akhlak anak. sehingga peneliti berminat untuk meneliti lebih dalan mengenai film animasi “pada zaman dahulu”. Tujuan penelitian ini, untuk mendeskripsikan: 1) Karakter tokoh dalam film animasi “Pada Zaman Dahulu”. 2) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam film animasi “Pada Zaman Dahulu.” Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif (studi kepustakaan) menggunakan metode deskripsi. Peneliti mengambil data dengan melihat langsung film animasi “Pada Zaman Dahulu”. Setelah itu disalin dialog percakapannya, diteliti, diamati, dan dianalisis secara runtun. Sedangkan teknik pengumpulannya dengan dokumentasi. Untuk menganalisis isi yaitu mengkaji isi dari dokumen film animasi “pada zaman dahulu.” Dari hasil penelitian dapat dipaparkan: 1) Karakter tokoh sebagai berikut: kakek (bijaksana, penyayang dan sabar), Ara (pemaaf,penyayang, mudah percaya kepada orang lain), Aris (penyayang, ceroboh, pintar, cepat belajar,jahil dan usil) adapun karakter hewan dalam cerita kakek antara lain: kancil (cerdik, cerdas, bijak dan suka menolong), kera (serakah, rakus, suka berbohong,) kura-kura (pemaaf, kecil hati, setia kawan) gajah (suka menolong), kerbau (berkata jujur, suka menolong, suka disanjung), buaya (suka berbohong, tidak pandai berbalas budi). 2) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam film animasi “Pada zaman dahulu sebagai berikut: a) Episode Jangan Bersahabat Dengan Kera, terdapat nilai pendidikan akhlak seperti penyayang, bersyukur, sabar, ikhlas dan mau berbagi (tidak boleh tamak., b) Episode Kancil dan Kerbau, terdapat nilai-nilai pendidikan akhlak seperti suka menolong, jujur (tidak boleh berbohong), ikhlas. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Nilai Pendidikan Akhlak en_US
dc.subject Film Animasi Pada Zaman Dahulu en_US
dc.title NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM FILM ANIMASI “ PADA ZAMAN DAHULU ” en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account