PENGARUH LABEL HALAL DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sabirin, Sabirin
dc.contributor.advisor Widiati, Ari
dc.contributor.author Sukaesih, Tri Endang
dc.date.accessioned 2023-03-03T00:32:54Z
dc.date.available 2023-03-03T00:32:54Z
dc.date.issued 2022-08-09
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2433
dc.description.abstract Seluruh umat Muslim mengartikan suatu kehalalan merupakan hal yang sangat penting, produk halal yang digunakan menjadi suatu keberkahan untuk umat Muslim. Kehalalan merupakan pokok utama bagi umat Muslim untuk menjalankan ibadah agar senantiasa selalu berada dijalan yang benar, selain itu kehalalan sudah dijelaskan didalam Al-Qur’an mapun Hadits. Umat Muslim dianjurkan untuk mengkonsumsi yang ada di muka bumi ini yang sudah pasti halal dan baik, selain konsumsi makanan dan minuman juga dianjurkan kosmetik dan obat-obatan yang halal. Kosmetik dapat dikatakan halal apabila bahan yang terkandung harus dari bahan baku pilihan yang sesuai dengan syariat Islam dan sudah memenuhi syarat mendapatkan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh label halal dan harga terhadap keputusan pembelian produk kosmetik. Penelitian ini yaitu penelitian survei. Populasi yang dipakai pada kajian ini yakni Ibu-Ibu Muslimah di Kota Sintang. Sampel yang dipakai 100 responden yang dilakukan dengan teknik non probability. Adapun metode yang dipakai yakni metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Uji validitas instrumen menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA) dan uji reliabilitas memakasi Alpha Cronbach. Analisis yang dipakai yakni analisis jalur Regresi Berganda, uji hipotesis menggunakan koefisien ketetapan model atau determinasi (R2) penguji secara persial (uji t) dan simultan (uji f). Data yang dilakukan penelitian ini yakni data primer yang diambil menggunakan kuesioner. Data diolah menggunakan bantuan program SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) variabel label halal berpengaruh secara signifikan sebesar 25,3% terhadap keputusan pembelian produk kosmetik, 2) variabel harga berpengaruh secara signifikan sebesar 62,9% terhadap keputusan pembelian produk kosmetik, 3) variabel label halal dan harga berpengaruh secara signifikan sebesar 52,3% terhadap keputusan pembelian produk kosmetik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Label Halal en_US
dc.subject Harga en_US
dc.subject Keputusan Pembelian en_US
dc.title PENGARUH LABEL HALAL DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK en_US
dc.title.alternative Studi Kasus Ibu-Ibu Muslimah Di Kota Sintang en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account