Abstract:
Masalah yang diangkat pada penelitian ini
adalah program dan kegiatan pembangunan pendidikan yang responsif gender
merupakan tujuan Pengarus Utamaan Gender (PUG) yang telah direncanakan
oleh pemerintah untuk meyakinkan bahwa semua unit kerja benar-benar
memperhatikan isu gender mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan hingga
tahap evaluasi. Pentingnya partisipasi perempuan pada setiap unit kerja
mengindikasikan keberhasilan pembangunan pendidikan yang responsif
gender.Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Persentase
perempuan yang terlibat dalam pengambilan keputusan di IAIN Pontianak. (2)
Partisipasi perempuan dalam pengambilan keputusan pada tahap perencanaan,
pelaksanaan dan evaluasi. (3) persentase perempuan apakah sebanding dengan
partisipasi perempuan dalam pengambilan keputusan bidang pendidikan di
IAIN Pontianak.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini
adalah data OKPP Pejabat IAIN Pontianak Masa Jabatan 2018-2022. Teknik
yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah, teknik wawancara dengan
instrumen wawancara terstruktur. Sedangkan untuk menganalisis datanya
peneliti menggunakan analisis kuantitatif dengan perhitungan persentase
jumlah perempuan berdasarkan data OKPP Pejabat IAIN Pontianak Masa
Jabatan 2018-2022.
Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa.
(1) Persentase perempuan yang terlibat dalam pengambilan keputusan di IAIN
Pontianak sebesar 135 dari total keseluruhan pengambil keputusan yaitu
sebesar 320 orang atau sebesar 42%. (2) Partisipasi perempuan dalam
pengambilan keputusan pada tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi
secara keseluruhan sangat berperan aktif (a) Tahap perencanaan ikut sertanya
perempuan dalam terselenggaranya hasil keputusan dalam tahap perencanaan,
dengan sumbangsih ide dan gagasan serta mengawal program dalam tahap
perencanaan. (b) Kemudian dalam tahap pelaksanaan juga perempuan terlibat
aktif serta hal yang dilakukan tetap sama porsinya dengan laki-laki, artinya
dalam tahap ini sangatlah responsif gender. (c) Begitu juga dengan tahap tahap
evaluasi perempuan juga turut serta dan berperan aktif dalam memberikan
sumbangsih ide dan gagasan di dalamnya. (3) Persentase perempuan dengan
total perhitungan hanya 42% berbanding terbalik dengan partisipasi perempuan
yang berperan aktif dan terlibat dalam pengambilan keputusan bidang
pendidikan pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi di IAIN
Pontianak.