NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI COCOKEN MASYARAKAT MADURA DESA KALI BANDUNG KABUPATEN KUBU RAYA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.advisor Ma’ruf, Ma’ruf
dc.contributor.author Hasanah, Uswatun
dc.date.accessioned 2023-02-22T06:31:50Z
dc.date.available 2023-02-22T06:31:50Z
dc.date.issued 2020-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2388
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keinginan peneliti sendiri yang disertai semangat untuk mencari tau dan menemukan lebih dalam mengenai nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam tradisi Cocoken. Masyarakat hanya sekedar menjalankan tradisi Cocoken, tetapi sebagian dari mereka belum mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung di dalam tradisi Cocoken ini. Secara umum fokus penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan Islam dalam tradisi Cocoken di bulan maulid tepatnya tanggal 1 Rabiul awal pada masyarakat Madura Desa Kali Bandung. Fokus penelitian tersebut dijabarkan dalam bentuk pertanyaanpertanyaan penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana asal usul tradisi Cocoken? 2) Bagaimana proses pelaksanaan tradisi Cocoken? 3) Apa saja nilai-nilai pendidikan Islam dalam tradisi Cocoken? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian etnografi dan metode deskriptif. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yakni: observasi partisipan, wawancara semistruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Miles dan Huberman yang meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah tokoh agama dan masyarakat setempat yang melaksanakan tradisi Cocoken. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa asal-usul tradisi Cocoken berasal dari sesepuh terdahulu dan para ulama di kalangan suku Madura yang diambil dari peristiwa kelahiran Nabi Muhammad Saw di bulan maulid dengan tujuan untuk menyambut dan mengagungkan kehadiran Nabi Saw. Proses pelaksanaan tradisi Cocoken memiliki 3 tahap, 1) Persiapan bahan dan buah-buahan seadanya, 2) Prosesi Inti, mengantarkan ke masjid bersama-sama dan bersholawat bersama, 3) Penutup,berdoa dan makan bersama. Adapun nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam tradisi Cocoken adalah nilai sosial, spiritual, kepedulian dan bersedekah . en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Cocoken en_US
dc.title NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI COCOKEN MASYARAKAT MADURA DESA KALI BANDUNG KABUPATEN KUBU RAYA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account