NILAI-NILAI TRADISI SELAPANAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Show simple item record

dc.contributor.advisor Mansur, Mansur
dc.contributor.advisor Fitriyanto, Andry
dc.contributor.author Yuliyanti, Ulfah
dc.date.accessioned 2023-02-22T06:20:34Z
dc.date.available 2023-02-22T06:20:34Z
dc.date.issued 2022-09-23
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2387
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) bagaimana pelaksanaan tradisi Selapanan pada masyarakat Jawa, Desa Teluk Nangka, Kabupaten Kubu Raya; 2) nilai-nilai yang terdapat dalam tradisi Selapanan pada masyarakat Jawa, Desa Teluk Nangka, Kabupaten Kubu Raya; 3) nilai-nilai yang terdapat dalam tradisi Selapanan pada masyarakat Jawa, Desa Teluk Nangka, Kabupaten Kubu Raya yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar materi Pendidikan agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sehingga menghasilkan data deskriptif untuk memecahkan permasalahan yang menjadi tujuan dalam penelitian berdasarkan fakta-fakta yang ditemukan di lokasi penelitian. Peneliti bertindak langsung sebagai instrument dan sebagai pengumpul data dari hasil observasi yang mendalam, serta ikut berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan penelitian. Data yang berbentuk kata-kata diambil dari para narasumber secara langsung pada saat mewawancarai, sedangkan data tambahan berupa dokumentasi foto. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, 1). Pelaksanaan tradisi Selapanan pada masyarakat Jawa, Desa Teluk Nangka, Kabupaten Kubu Raya terdiri dari langkah-langkah yang berupa tahapan persiapan, tahap prosesi, dan tahap akhir; 2). Nilai-nilai yang terdapat dalam tradisi Selapanan pada masyarakat Jawa, Desa Teluk Nangka, Kabupaten Kubu Raya ada dua macam, yaitu nilai spiritual dan nilai sosial. Nilai spiritual meliputi nilai estetika, nilai moral, nilai religius, dan nilai pengetahuan. Sedangkan nilai sosial meliputi nilai muamalah; 3). Nilai-nilai tradisi Selapanan yang dapat dijadikan sumber belajar materi pendidikan agama Islam adalah nilai spiritual yaitu nilai religius nya, yang meliputi nilai (syukur, dan taat kepada agama), dan nilai sosial pada tradisi Selapanan yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar adalah nilai muamalah yang meliputi nilai (toleransi, silaturahmi, dan sedekah). Relevansi nilai-nilai yang terdapat dalam tradisi Selapanan ini dapat kita temui dalam materi Pendidikan agama Islam dalam bidang Aqidah Akhlak dan Fiqh pada jenjang SMP/MTs dan SMA/MA. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Tradisi Selapanan en_US
dc.subject Masyarakat Jawa en_US
dc.subject Makna en_US
dc.subject Nilai-nilai en_US
dc.title NILAI-NILAI TRADISI SELAPANAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account