KETERAMPILAN MANAJEMEN KELAS PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA BAWARI PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Tursina, Nani
dc.contributor.advisor Susanto, Rizki
dc.contributor.author Jannah, Miftahul
dc.date.accessioned 2023-02-22T04:40:40Z
dc.date.available 2023-02-22T04:40:40Z
dc.date.issued 2022-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2382
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) mengetahui Keterampilan Guru Akidah Akhlak dalam Penciptaan Kondisi Belajar 2) mengetahui Keterampilan Guru Akidah Akhlak dalam Pengendalian Kondisi Belajar Pada Proses Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Bawari Pontianak tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Sumber penelitian yang digunakan yaitu sumber primer dan sekunder. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah: 1) Keterampilan Guru Akidah Akhlak dalam Penciptaan Kondisi Belajar di Madrasah Ibtidaiyah Bawari Pontianak sudah berjalan dengan kondusif dengan artian bahwa: guru akidah akhlak sudah menunjukkan sikap tanggap terhadap berbagai bentuk tingkah laku peserta didik didalam kelas. guru akidah akhlak mampu membagi perhatian kepada peserta didik didalam kelas. guru akidah akhlak dapat memusatkan perhatian kelompok guru akidah akhlak memberikan petunjuk dengan jelas ketika memberikan tugas atau materi kepada peserta didik dengan sistematis. guru akidah akhlak tidak memberikan hukuman fisik, tetapi lebih kehukuman yang mendidik., guru akidah akhlak memberikan penguatan berupa pujian, dukungan apresiasi. 2) Keterampilan Guru Akidah Akhlak dalam Pengendalian Kondisi Belajar di Madrasah Ibtidaiyah Bawari Pontianak telah dilakukan dengan: guru akidah akhlak memodifikasi tingkah laku dengan memberikan arahan dan penguatan kepada peserta didik yang kurang kemampuannya dan adanya kerjasama antara guru, orangtua dan peserta didik. guru akidah akhlak mengelola kelompok secara bervariasi terutama posisi tempat duduk peserta didik didalam kelas. guru akidah akhlak menemukan solusi dan memecahkan masalah dengan melakukan pendekatan dengan peserta didik dan memberikan bimbingan, bersedia menjadi teman curhat jika peserta didik mengalami masalah, selalu berusaha menegakkan disiplin peserta didik dan melakukan kerja sama dengan semua pihak disekolah serta orang tua peserta didik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Keterampilan Manajemen kelas en_US
dc.subject Pembelajaran Akidah Akhlak en_US
dc.title KETERAMPILAN MANAJEMEN KELAS PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA BAWARI PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account