PENERAPAN METODE ASY-SYAFI’I DALAM PEMBELAJARAN TAJWID PADA SANTRIWATI MUSTAWA 1 PROGRAM I’DAD LUGHOWI DI MA’HAD AL-AYMAN PONTIANAK SELATAN

Show simple item record

dc.contributor.advisor Khairawati, Khairawati
dc.contributor.advisor Abdullah, Faisal
dc.contributor.author Safithri, Rahmawati
dc.date.accessioned 2023-02-22T02:58:16Z
dc.date.available 2023-02-22T02:58:16Z
dc.date.issued 2022-10
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2380
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendiskripsikan: 1) Perencanaan pembelajaran tajwid; 2) Langkah-langkah penerapan metode Asy-Syafi’i; 3) Kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran tajwid; 4) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam pembelajaran tajwid. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data terdiri dari sumber data primer dan sekunder, yakni: 1) Sumber data primer adalah ustadzah dan santriwati mustawa 1 program I’dad Lughowi; 2) Sumber data sekunder adalah dokumentasi serta Instagram dan Website yang dapat di akses melalui media sosial. Data-data tersebut diperoleh dengan menggunakan teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Alat-alat pengumpulan data berupa pedoman observasi, wawancara, buku catatan dan alat rekam (handphone). Adapun teknik analisis data yang peneliti gunakan yaitu analisis model Miles dan Huberman dengan tahapan: yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Kemudian teknik pemeriksaan keabsahan data, yaitu triangulasi sumber dan member check. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran tajwid di Ma’had Al-Ayman Pontianak berbeda dengan perencanaan pembelajaran pendidikan formal, materi pelajaran direncanakan mengiukuti tahapan yang ada di buku tajwid metode Asy-Syafi’i; 2) Langkah-langkah penerapan metode Asy-Syafi’i terdiri dari kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. 3) Kendala yang dihadapi dalam pembelajaran tajwid pada santriwati mustawa 1 program I’dad Lughowi di Ma’had Al-Ayman Pontianak yaitu kemampuan awal santriawati yang berbeda-beda, santriwati yang tidak konsisten hadir dan kurang disiplin, dan waktu belajar di Ma’had yang terbatas. 4) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam pembelajaran tajwid pada santriwati mustawa 1 program I’dad Lughowi di Ma’had Al-Ayman Pontianak yaitu dengan memberikan pelajaran sesuai dengan kemampuan awal yang dimiliki santriwati, memberikan motivasi dan santriwati menyediakan waktu untuk belajar di rumah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode Asy-Syafi’i en_US
dc.subject Pembelajaran dan Tajwid en_US
dc.title PENERAPAN METODE ASY-SYAFI’I DALAM PEMBELAJARAN TAJWID PADA SANTRIWATI MUSTAWA 1 PROGRAM I’DAD LUGHOWI DI MA’HAD AL-AYMAN PONTIANAK SELATAN en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account