Abstract:
Dunia perbankan saat ini telah diramaikan dengan adanya fasilitas
kemudahan bertransaksi secara mobile. Mobile Banking ini merupakan layanan
yang memungkinkan nasabah bank untuk melakukan transaksi perbankan melalui
ponsel atau smartphone. Hal ini merupakan kesempatan bagi dunia perbankan
untuk melangkah lebih maju dengan memberikan pelayanan yang lebih baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan Mobile Banking
terhadap kepuasan nasabah pada Bank Kalbar Syariah Cabang Sambas.
Penelitian ini termasuk penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan
jenis penelitiannya menggunakan pendekatan asosiatif. Populasi pada penelitian ini
ditetapkan peneliti pada nasabah Bank Kalbar Syariah Cabang Sambas yang
menggunakan layanan Mobile Banking dengan total 253 nasabah dengan jumlah
sampel 72 nasabah. Pengambilan sampel dalam penelitan ini menggunakan metode
probability sampling dengan teknik yang digunakan adalah simple random
sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner disebarkan langsung ke
nasabah sebanyak 72 kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah
Analisis asosiatif, kemudian untuk Uji instrumen menggunakan Uji Validitas dan
Uji Realibilitas. Uji Asumsi Klasik menggunakan Uji Normalitas, Uji
Multikolinearitas, Uji Linearitas, Uji Heteroskedastisitas dan Uji Autokorelasi
sementara untuk Uji Hipotesis menggunakan Uji Parsial (t) dan Uji Koefisien
Determinasi (R2).Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik berupa
pengumpulan angket (kuesioner) dan dokumentasi.
Hasil analisis data menunjukkan terdapat pengaruh layanan mobile banking
terhadap kepuasan nasabah dengan nilai sig 0,001 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel
(3,512 > 1,994) maka secara parsial terdapat pengaruh positif antara variabel
layanan mobile banking terhadap kepuasan nasabah pada Bank Kalbar Syariah
Cabang Sambas.