PROBLEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MTS SIRAJUL ULUM PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rosilawati, Ana
dc.contributor.advisor Nelly
dc.contributor.author NURCHOTIMAH, SRI
dc.date.accessioned 2023-01-26T02:17:41Z
dc.date.available 2023-01-26T02:17:41Z
dc.date.issued 2022-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2264
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Sirajul Ulum yang berlangsung kurang efektif, semenjak adanya pandemi Covid-19. Terdapat dua siswa yang belum memiliki android setiap kelasnya, membuat pembelajaran Akidah Akhlak kurang dilaksanakan secara menyeluruh. Guru Akidah Akhlak yang sulit berinteraksi dengan siswa, membuat tujuan pembelajaran Akidah Akhlak belum dapat dicapai. Sikap tanggung jawab siswa juga semakin menurun. Bahkan, sering kurang memperdulikan tugas, maupun penjelasan dari guru. Hal ini, mengakibatkan sulitnya mengimplementasikan siswa yang berakhlakul karimah, sesuai dengan ajaran Islam. Jika hal ini dibiarkan, tentu akan berpengaruh terhadap perkembangan generasi bangsa Indonesia, dan kemajuan dalam dunia pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu peneliti sebagai instrumen pengumpulan data untuk melakukan pengamatan secara langsung kepada individu yang berhubungan dengan topik tersebut. Adapun sumber data dalam penelitian ini yaitu guru Akidah Akhlak kelas VII, VII dan IX, serta dua siswa yang memiliki masalah dalam pembelajaran Akidah Akhlak dari setiap kelas. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan, yaitu observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi, serta alat pengumpulan data berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, buku catatan dan alat rekam (handphone). Adapun teknik analisis data yang peneliti gunakan yaitu model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, data display dan kesimpulan/ verifikasi. Sedangkan, teknik pemeriksaan keabsahan data, yaitu triangulasi sumber dan member check. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa problematika yang dihadapi dalam pembelajaran Akidah Akhlak pada masa pandemi Covid-19 yaitu belum memiliki kepedulian dalam pembelajaran Akidah Akhlak, kesulitan guru Akidah Akhlak dalam berinteraksi, motivasi siswa menurun, belum bertanggung jawab dalam pengerjaan tugas, materi Akidah Akhlak kurang menarik, kurang menghargai guru, sulitnya mengimplementasikan ajaran Akidah Akhlak, serta sarana dan prasarana yang kurang memadai. Upaya yang dilakukan oleh guru, yaitu dengan melakukan pendekatan, mengubah strategi pembelajaran Akidah Akhlak, memberi motivasi belajar, membuat tata tertib, memberikan toleransi, dan hukuman. Sedangkan, upaya yang dilakukan siswa, yaitu dengan bekerjasama dan mencari alternatif lain untuk mendapatkan informasi sekolah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Problematika en_US
dc.subject Akidah Akhlak en_US
dc.subject Pandemi Covid-19 en_US
dc.title PROBLEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MTS SIRAJUL ULUM PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account