PERSEPSI SISWA KELAS XI TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Razi, Fahrul
dc.contributor.advisor Fitra Prisuna, Bayu
dc.contributor.author FATIMAH, SITI
dc.date.accessioned 2023-01-26T01:39:23Z
dc.date.available 2023-01-26T01:39:23Z
dc.date.issued 2021-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2262
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang terkesan hanya bermain-main dalam penmbelajaran sejarah kebudayaan Islam, padahal pada pembelajaran sejarah kebudayaan banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari, Penelitian ini membahas tentang: 1) Bagaimana Persepsi Siswa Kelas XI Terhadap Proses Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pontianak? ; 2) Bagaimana Persepsi Siswa Kelas XI Terhadap Minat Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pontianak?; 3) Bagaimana Persepsi Siswa Kelas XI Terhadap Hasil Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pontianak?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI tahun 2020/2021 dengan jumlah keseluruhan 260, pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling karena popoluasi dianggap homogen yang kemudian perhitungannya menggunakan rumus slovin dengan jumlah sampelnya adalah 157 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Dalam teknik analisis data menggunakan teknik analisis dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi analisis ini dimaksudkan untuk mendiskripsikan karakteristik distribusi skor responden penelitian. Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: 1); 8% yang bersepsi sangat baik, 82% yang berpersepsi baik, dan 10% yang bersepsi kurang baik, dan hasil nilai rata-rata 13,8 yang termasuk dalam kategori baik, jadi dari data tersebut bahwa dapat dikatakan efektivitas terhadap proses pembelajaran sejarah kebudayaan Islam memiliki taggapan yang baik. 2); 25% yang bersepsi sangat baik, 57% yang berpersepsi baik, dan 18% yang bersepsi kurang baik, dan hasil nilai rata-rata 7,7 yang termasuk dalam kategori baik, jadi dari data tersebut dapat dikatakan bahwa minat pembelajaran sejarah kebudayaan Islam memiliki minat yang baik. 3); 10% yang bersepsi sangat baik, 74% yang berpersepsi baik, dan 16% yang bersepsi kurang baik, dan hasil nilai rata-rata 3,9 yang termasuk dalam kategori baik, dengan hal itu bahwa persepsi siswa terhadap hasil belajar mengatakan bahwa mempunyai hasil yang baik ketika pembelajaran sejarah kebudayaan Islam. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Persepsi en_US
dc.subject Efektivitas pembelajaran en_US
dc.subject sejarah kebudayaan Islam en_US
dc.title PERSEPSI SISWA KELAS XI TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account