PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN ANTARSISWA KELAS XI MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM YANG MENGGUNAKAN METODE DRILL, SOROGAN, DAN JIBRIL DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Zulkarnain
dc.contributor.author Saprizal, Muhammad
dc.date.accessioned 2023-01-25T03:25:57Z
dc.date.available 2023-01-25T03:25:57Z
dc.date.issued 2022-05
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2230
dc.description.abstract Banyaknya peserta didik yang belum mampu membaca Al-Qur’an atau yang buta huruf Al-Qur’an itu dikarenakan belum menemukan metode yang tepat dan mudah untuk belajar membaca Al-Qur’an sehingga pembelajaran tidak mampu terserap dengan baik. Oleh karena itu maka dalam penelitian ini peneliti memandang perlu untuk menganalisis perbandingan hasil belajar membaca Al- Qur’an antarsiswa Kelas XI MIPA yang Menggunakan Metode Drill, Sorogan, dan Jibril di MAN 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2021/2022, Secara khusus tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis yaitu: 1) Hasil belajar membaca Al-Qur’an Kelas XI MIPA yang Menggunakan Metode Drill, Sorogan, dan Jibril, dan 2) Signifikansi perbedaan antara hasil belajar membaca Al-Qur’an dengan metode Drill, Sorogan, dan Jibril. Jenis penelitian ini ditinjau dari metodenya merupakan jenis penelitian kuantitatif. Sedangkan jenis penelitian ini ditinjau dari desainnya adalah penelitian komparatif. Adapun sumber data primer dalam penelitian berupa populasi yaitu seluruh siswa XI MIPA dan sampelnya diambil secara random yaitu XI MIPA 1, XI MIPA 2, dan XI MIPA 3. Sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini berasal dari dokumen-dokumen pendukung contohnya data sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes praktek, dan studi dokumen. Data yang didapat dalam kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif yaitu mean, median, modus, varians, standar deviasi, nilai maksimum, nilai minimum dan persentase, dan analisis inferensial yaitu uji normlitas, uji homogenitas dan analisis variansi (ANAVA). Berdasarkan analisis data yang peneliti lakukan, maka peneliti menyimpulkan sebagai berikut: 1) Adapun hasil belajar membaca Al-Qur’an di kelas XI MIPA 1 dengan menggunakan metode Drill, diperoleh nilai secara keseluruhan 3109 dengan nilai tertinggi 94 dan nilai terendah 68, memliki rata-rata 81,82 dengan simpangan baku 6,29. Adapun hasil belajar membaca Al-Qur’an di kelas XI MIPA 2 dengan menggunakan metode Sorogan, diperoleh nilai secara keseluruhan 2964 dengan nilai tertinggi 94 dan nilai terendah 67, memliki rata-rata 82,33 dengan simpangan baku 6,71. Adapun hasil belajar membaca Al-Qur’an di kelas XI MIPA 3 dengan menggunakan metode Jibril, diperoleh nilai secara keseluruhan 3027 dengan nilai tertinggi 93 dan nilai terendah 69, memliki rata-rata 84,64 dengan simpangan baku 6,38. 2) Tidak terdapat perbedaan yang sigfnifikan hasil belajar membaca Al-Qur’an antarsiswa Kelas XI MIPA 1, XI MIPA 2, dan XI MIPA 3 dengan menggunakan metode Drill, Sorogan, dan Jibril di MAN 2 Pontianak. Dapat dilihat dengan membandingkan harga F hitung sebesar 1,27 dengan harga F tabel sebesar 3,08. Dari perhitungan ternyata harga F hitung < F tabel . Dengan demikian, berarti F hitung tidak signifikan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Hasil belajar membaca Al-Qur’an en_US
dc.subject Metode Drill en_US
dc.subject Sorogan en_US
dc.subject Jibril en_US
dc.title PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN ANTARSISWA KELAS XI MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM YANG MENGGUNAKAN METODE DRILL, SOROGAN, DAN JIBRIL DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account