PERAN MENTORING ROHIS DALAM MENINGKATKAN AKHLAK SISWA KELAS XI SMA N 1 PEMANGKAT TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muhammad, Marsih
dc.contributor.advisor Surianto
dc.contributor.author LESTARI, SRI
dc.date.accessioned 2023-01-24T01:44:58Z
dc.date.available 2023-01-24T01:44:58Z
dc.date.issued 2022-02
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2214
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi dengan minimnya siswa yang berpartisipasi dalam mengikuti kegiatan mentoring rohis padahal mayoritas siswanya beragama Islam. Disebabkan karena latar belakang sekolah siswa sebelum masuk SMA yang berbeda-beda, yaitu ada yang dari SMP, ada juga yang dari MTs. Jadi pada saat melanjutkan sekolah ke SMA N 1 Pemangkat mereka masih bertanya-tanya tentang mentoring. Dari adanya hal itu menyebabkan siswa yang latar belakang sekolah dari SMP kurang tertarik dan kurang berminat dalam mengikuti mentoring rohis. Karena kurangnya minat dan motivasi siswa yang berlatar belakang dari SMP dalam hal keagamaan menyebabkan kualitas ibadah siswa masih kurang dan belum maksimal, dan juga ada yang masih tergolong berperilaku kurang baik, contohnya seperti siswa melanggar tata tertib sekolah, datang tidak tepat waktu, tidak hormat kepada guru. Dengan adanya hal yang demikian, maka diperlukan adanya bimbingan yang membawa siswa kepada akhak yang baik yaitu salah satunya melalui program keagamaan yang ada di sekolah yaitu Rohis termasuk kegiatan di dalamnya ialah mentoring. Tujuan Penelitian adalah : 1). Untuk mendeskripsikan metode dan langkah-langkah kegiatan mentoring rohis di SMA N 1 Pemangkat Tahun pelajran 2020/2021, 2). Akhlak yang ditanamkan pada siswa kelas XI SMA N 1 Pemangkat, 3). Peran mentoring bagi siswa kelas XI SMA N 1 Pemangkat Tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah pembina rohis, mentor, siswa kelas XI tahun pelajaran 2020/2021 (peserta mentoring). Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah, teknik wawancara dengan alat instrumen wawancara, dan teknik dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis datanya peneliti menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman. Yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi, terakhir peneliti melakukan teknik pemeriksaan keabsahan data dengan member check peneliti memastikan bahwa tidak terdapat perbedaan antara wawancara pertama dan kedua. Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka disimpulkan 1) Metode dan langkah kegiatan mentoring terdiri dari metode ceramah, tanya jawab, diskusi, dan demonstrasi. Dengan langkah pelaksanaannya yaitu dibuka dengan membaca ayat Al-Qur’an, penyampaian materi, sesi tanya jawab, dilanjutkan diskusi singkat, dan games 2) Akhlak yang paling utama diharapkan yaitu nilai karakter religius, akhlak dan perilaku yang baik. 3) Peran mentoring rohis yaitu : siswa melaksanakan sholat zuhur berjamah dan sholat sunnah dhuha di sekolah, kemampuan membaca Al- Qur’an meningkat, berbicara lebih hormat kepada guru, lebih hormat dengan sesama teman, beradab dalam bergaul, jujur, tanggung jawab, disiplin, dan prestasi non akademik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Peran en_US
dc.subject Mentoring en_US
dc.subject Rohis en_US
dc.subject Akhlak en_US
dc.title PERAN MENTORING ROHIS DALAM MENINGKATKAN AKHLAK SISWA KELAS XI SMA N 1 PEMANGKAT TAHUN PELAJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account