Abstract:
Kegiatan PMR (Palang Merah Remaja) merupakan kegiatan
ekstrakurikuler yang mengajarkan siswa nilai-nilai kepribadian/akhlak kepada
peserta didik, seperti akhlak kemanusiaan dan akhlak kesukarelaan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan: 1)
internalisasi nilai kemanusiaan dalam kegiatan esktrakurikuler Palang Merah
Remaja (PMR) siswa di SMPN 16 Pontianak 2) internalisasi nilai kesukarelaan
dalam kegiatan ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) siswa di SMPN 16
Pontianak.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode
deskriptif. Instrument penelitian ini adalah peneliti sendiri. Objek penelitiannya
adalah pelatih dan anggota PMR di SMPN 16 Pontianak. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Nilai kemanusiaan dalam
kegiatan ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) memang sangat banyak,
seperti jujur, disiplin, toleransi, peduli dan lain sebagainya, adapun yang
dinternalisasikan adalah nilai kemanusiaan yaitu melalui kegiatan-kegiatan Palang
Merah Remaja (PMR) seperti mengikuti pertolongan pertama (PP), donor darah,
simulasi bencana dan lain sebagainya. 2) Nilai kesukarelaan dalam kegiatan
ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) memang sangat banyak, seperti
tolong menolong, gotong royong, ikhlas membantu, saling menghargai, peduli
dan lain sebagainya, adapun yang dinternalisasikan adalah nilai kesukarelaan
yaitu melalui kegiatan-kegiatan Palang Merah Remaja (PMR) seperti mengikuti
pertolongan pertama (PP), donor darah, aksi-aksi sosial seperti: bakti sosial,
membersihkan lingkungan sekitar, menggalang dana dan lain sebagainya.