Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada di Pondok Pesantren
Raudlatul Muhibbin Kecamatan Pontianak Utara yaitu kurangnya semangat santri dalam
membaca Al-Quran, sehingga diperlukan semacam cara untuk meningkatkan keaktifan
santri
dalam
program
membaca
Al-Quran.
Penelitian
ini
bertujuan
untuk
mendeskripsikan tentang : (1) Penggunaan metode Al-Baghdady dalam program
membaca Al-Quran di Pondok Pesantren Raudlatul Muhibbin Selat Panjang II
Kecamatan Pontianak Utara Tahun 2021. (2) Kendala yang dihadapi saat menggunakan
Metode Al-Baghdady dalam program membaca Al-Quran di Pondok Pesantren Raudlatul
Muhibbin Selat Panjang II Kecamatan Pontianak Utara Tahun 2021. (3) Cara mengatasi
kendala dalam menggunakan metode Al-Baghdady dalam program membaca Al-Quran di
Pondok Pesantren Raudlatul Muhibbin Selat Panjang II Kecamatan Pontianak Utara
Tahun 2021.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.
Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan
analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data,
penarikan kesimpulan dan verifikasi. Selanjutnya agar data yang terkumpul memiliki
kebenaran yang sesuai dengan fokus penelitian, maka dilakukan pemeriksaan keabsahan
data berupa triangulasi dan member check.
Berdasarkan Analisis data dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan:
(1)Penggunaan metode Al-Baghdady dalam Program membaca Al-Quran telah
menerapkan pengenalan huruf hijaiah, penghafalan, pemberian modul, penjelasan,
mengeja atau bimbingan sehingga terlaksanalah program membaca Al-Quran
menggunakan metode Al-Baghdady di Pondok Pesantren Raudlatul Muhibbin. (2)
Kendala yang dihadapi pada metode Al-Baghdady dalam program membaca Al-Quran di
Pondok Pesantren Raudlatul Muhibbin, kesulitannya dalam membaca Al-Quran dengan
mengeja hurufnya karena setelah dibacakan santri lupa untuk mengulang kembali bacaan
tersebut. Kekurangan metode Al-Baghdady yaitu lebih lambat dan lama waktu
belajarnya, namun hasilnya memuaskan. (3) Cara mengatasi kendala metodeAl-Baghdady dalam Program Membaca Al-Quran di Pondok Pesantren Raudlatul
Muhibbin, adalah faktor Internalnya yaitu dari santri karena dituntut harus tekun dan
ustazah juga harus sabar dalam mengajarkan santri. Oleh karena itu, diberikan pelajaran
tambahan kepada santri, memotivasi santri. Faktor Eksternalnya yaitu faktor orang tua,
serta fasilitas yang tersedia yang digunakan untuk mengajar santri huruf hijaiah
menggunakan papan tulis, spidol, penghapus dan lain sebagainya. Komunikasi antara
orang tua dengan ustazah terkait pembelajaran, bimbingan dengan para ustazah, adanya
pembaharuan sarana dan prasarana.