PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA MASA PANDEMI COVID-19 OLEH GURU DI SMK AL-MADANI TAHUN AJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rustam
dc.contributor.advisor SETYANINGRUM, VIDYA
dc.contributor.author KARTIKA, FENI
dc.date.accessioned 2023-01-18T10:56:03Z
dc.date.available 2023-01-18T10:56:03Z
dc.date.issued 2021-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2120
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi adanya masalah penelitian berupa adanya pandemi COVID-19 sehingga pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan tidak berjalan secara efektif dan efisien bahkan tujuan pembelajarannya tidak tercapai secara maksimal, guru dituntut untuk mampu menyatukan apersepsi dan konsentrasi anak-anak didik yang serba berjauhan, serta memberikan tugas-tugas yang dapat menstimulasi peserta didik untuk bertanya baik terhadap guru teman sekelas maupun orang tua mereka. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan; 1) Langkah- langkah pembelajaran PAI pada masa pandemi COVID-19 Oleh guru di SMK Al- Madani Tahun Ajaran 2020/2021, 2) Kendala-kendala dalam pembelajaran PAI pada masa Pandemi COVID-19 Oleh guru di SMK Al-Madani Tahun Ajaran 2020/2021, 3) Cara mengatasi kendala-kendala dalam Pembelajaran PAI pada masa pandemi COVID-19 di SMK Al-Madani Tahun Ajaran 2020/2021. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yaitu fenomenologi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran pendidikan agama Islam. Teknik pengumpulan data menggunakan tekni wawancara, observasi dan dokumentasi, analisis data model deskriptif yang terdiri dari yaitu: reduksi data, penyajian (display) data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada masa pandemi COVID-19 berlangsung secara daring (online) yaitu melalui kegiatan awal, inti dan penutup dimana guru sebelum memulai pembelajaran daring (online) guru menyiapkan perangkat pembelajaran daring seperti RPP, smartphone, buku dan media lainya. Pelaksanaan pembelajaran daring dilaksanakan oleh guru dalam membuka pembelajaran, menyampaikan materi, tanya jawab, dan menutup pembelajaran dengan membaca doa dan salam. 2) Kendala-kendala yang dialami oleh guru baik secara internal maupun eksternal pada masa pembelajaran daring (online) salah satunya yaitu minimnya peserta didik yang memiliki smartphone, mahalnya kuota internet, koneksi internet yang tidak stabil, dan kurangnya pengawasan orang tua pada saat pembelajaran, sehingga menyebabkan siswa kurang disiplin, selain itu banyak peserta didik yang mengeluh karena terlalu banyak tugas yang menumpuk. 3) Cara mengatasi kendala-kendala dalam pembelajaran daring baik secara internal maupun eksternal pada masa pandemi COVID-19 oleh guru yaitu dengan cara memberikan bantuan kuota internet yang berasal dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), memberikan waktu pengumpulan tugas karena koneksi internet yang tidak, stabil, orang tua harus mengalokasikan ketersediaan waktu untuk mendampingi anak pada saat proses pembelajaran, guru memerintahkan siswa yang tidak memiliki fasilitas smartphone untuk datang ke sekolah agar diberikan penyampaian materi dan tugas, kemudian guru tidak harus memberikan tugas yang banyak kepada peserta didik mengingat tugas tidak hanya berasal dari satu mata pelajaran. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pembelajaran en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam (PAI) en_US
dc.subject SMK Al-Madani en_US
dc.title PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA MASA PANDEMI COVID-19 OLEH GURU DI SMK AL-MADANI TAHUN AJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account