Abstract:
Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini secara khusus adalah untuk
mengkaji dan menganalisis lebih dalam tentang: 1) Bentuk perilaku indisipliner siswa
berkaitan dengan tata tertib sekolah, 2) Konteks yang melatarbelakangi perilaku
indisipliner siswa, 3) Treatment dan analisis perspektif PAI terhadap perilaku
indisipliner yang melanggar tata tertib sekolah.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi serta
teknik pengambilan sample berupa purposive sampling. Sumber data pada penelitian
ini terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder, yaitu: 1) Sumber data primer
adalah 46 artikel yang sesuai dengan perilaku indisipliner siswa, 2) Sumber data
sekunder berupa tafsir Muyassar, tafsir Ibnu Katsir dan buku-buku yang berkaitan
dengan perilaku indisipliner siswa.
Hasil penelitian yaitu pertama, terdapat 26 bentuk perilaku indisipliner siswa;
kedua, terdapat 22 konteks yang melatarbelakangi perilaku indisipliner siswa; ketiga,
terdapat 13 treatment PAI serta 13 surah dan 27 ayat yang sesuai dengan perilaku
indisipliner siswa.