PELAKSANAAN PEMBELAJARAN FIQH BERDASARKAN KURIKULUM 2013 di KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH AL IHSAN PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sahrani
dc.contributor.advisor Susanto, Rizki
dc.contributor.author ABDUSSYAKUR
dc.date.accessioned 2023-01-18T08:14:23Z
dc.date.available 2023-01-18T08:14:23Z
dc.date.issued 2021-02
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2108
dc.description.abstract Penelitiaan ini dilatarbelakangi adanya masalah peneliti berupa adanya proses pembelajaran seorang guru bisa membantu siswa dalam mengatasi kesulitan dalam belajarnya. Oleh karena itu untuk melihat bagaimana pelaksanaan dalam pembelajaran yang tidak sesuai dengan langkah-langkahnya baik dari segi perencanaan, pelaksanaan, dan hasil dari evaluasi pembelajaran yang terdapat dalam RPP. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Fiqh Berdasarkan Kurikulum 2013 di kelas VII Madrasah tsanawiyah Al-Ihsan Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran Fiqh di kelas VII Madrasah tsanawiyah Al- Ihsan Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021. 2) Mendeskripsikan Hasil evaluasi pembelajaran mata pelajaran Fiqh berdasarkan Kurikulum 2013 di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al Ihsan Tahun Pelajaran 2020/2021. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang berjenis penelitian lapangan dan sumber data dalam penelitian ini diambil melalui data primer berupa observasi dan wawancara serta data skunder yang berbentuk dokumentasi dan RPP yang dapat digunakan sebagai penguat dalam pengumpulan data. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan teknis analisis data dalam hal ini menggunakan triagulasi analisis data. Berdasarkan analisis yang di peroleh, maka peneliti simpulkan 1. Perencanaan pembelajaran fiqh berdasarkan Kurikulum 2013 di kelas VII Pada Madrasah Tsanawiyah Al Ihsan Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021 dilakukan dengan menyusun RPP berdasarkan acuan silabus kurikulum 2013, menganalisis kondisi siswa untuk merencanakan langkah-langkah pembelajaran, meilih media dan sumber belajar, menyusun instrumen evaluasi berdasarkan kurikulum 2013. 2) Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Fiqh Berdasarkan Kurikulum 2013 di Kelas VII pada Madrasah Tsanawiyah Al Ihsan Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021 tahap pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan menerapkan pendekatan saintifik melalui lima langkah yakni, mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan hasil pembelajaran yang ditemukan melalui proses diskusi kelompok, 3. Hasil evaluasi pembelajaran mata pelajaran Fiqh berdasarkan Kurikulum 2013 di Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al Ihsan Tahun Pelajaran 2020/2021. Dalam tahap evaluasi dilakukan terhadap 3 aspek penilaian yaitu; aspek sikap meliputi sikap spiritual dan sikap keterampilan dengan tekniks pemberian portofolio dan praktek nilai berbentuk kualitatif berupa A B C dan D yang disertai dengan deskripsi setiap kompetensi pembelajaran Fiqh. Penilaian dilakukan selama dan setelah proses pembelajaran Fiqh berlangsung. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pelaksanaan Pembelajaran Fiqh en_US
dc.subject Berdasarkan Kurikulum 2013 en_US
dc.title PELAKSANAAN PEMBELAJARAN FIQH BERDASARKAN KURIKULUM 2013 di KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH AL IHSAN PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account