Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk menegetahui pendidikan akhlak dalam kisah Nabi
Ibrahim As, dengan sub penelitian yaitu ; 1) Bagaimana kisah keteladanan Nabi
Ibrahim As, 2) Pendidikan apa saja yang terdapat dalam kisah Nabi Ibrahim As.
Peneliti menggunakan pendekatan pustaka dengan jenis penelitian kepustakaan
(Library Research) sedangkan metode yang digunakan peneliti adalah metode
deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi. Sumber data primer dan
sekunder berupa Al-Qu’ran, buku dan penelitian sejenis yang membahas mengenai
pendidikan akhlak dalam kisah Nabi Ibrahim AS. Teknik analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah analisis isi (countent analysis).
Hasil dari penelitian dalam kisah Ibrahim As terdapat beberapa keteladanan dan
pendidikan akhlak di dalamnya, 1) Nabi Ibrahim As menyaksikan kekuasaan Allah
Swt, Nabi Ibrahim As berdakwah kepada kaumnya, Nabi Ibrahim ketika dibakar hidup-
hidup, Kisah Nabi Ibrahim As dan istri-istrinya, Nabi Ibrahim As dan Nabi Ismail As.
2) Sikap beriman kepada Allah Swt, sikap tabligh kepada ayah dan kaumnya, sikap
berani menyampaikan kebenaran, sikap tawakal atas permasalahan yang dihadapi,
sikap taat kepada perintah Allah Swt, sikap jujur kepada anaknya, sikap musyawarah
dalam sebuah perkara, sikap ikhlas menerima keputusan Allah Swt, sikap istiqamah
dalam beribadah, sikap sabar dalam menghadapi cobaan dari Allah Swt,