PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK PADA MASA PANDEMI DI KELAS VIII MTS ISLAMIYAH PONTIANAK TAHUN AJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor KHAIRAWATI
dc.contributor.advisor NELLY
dc.contributor.author NATALINI, VIVI
dc.date.accessioned 2023-01-18T07:23:27Z
dc.date.available 2023-01-18T07:23:27Z
dc.date.issued 2022-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2101
dc.description.abstract Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Adapun sumber data primer penelitian ini yaitu guru mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII dan peserta didik kelas VIII. Sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini yaitu berupa dokumen pendukung pembelajaran yaitu RPP. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model Miles dan Huberman. Teknik pengujian keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi dan member check. Berdasarkan analisis data, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru Aqidah Akhlak pada masa pandemi sama dengan perencanaan pembelajaran pada umumnya; 2) Dalam pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak pada masa pandemi di kelas VIII MTs Islamiyah Pontianak yaitu dilakukan melalui media komunikasi whatsapp group untuk mengirim materi pembelajaran dan tugas, serta ada juga pelaksanaan pembelajaran secara luring (tatap muka) yang dilakukan di sekolah seperti pembelajaran tatap muka pada umumnya yaitu dengan langkah pelaksanaan pembelajaran seperti, kegiatan pendahuluan, inti dan kegiatan akhir pembelajaran dengan waktu terbatas; 3) Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak di kelas VIII pada masa pandemi yaitu berupa kendala yang dihadapi guru adalah sulit menjangkau seluruh peserta didik karena keterbatasan waktu yang diberikan oleh sekolah untuk belajar, masih menggunakan metode pembelajaran klasikal pada pembelajaran luring (tatap muka), dan kendala peserta didik adalah keterbatasan teknologi seperti handphone atau komputer untuk peserta didik mengakses materi pelajaran dan tugas yang diberikan guru melalui media komunikasi whatsapp group, dan peserta didik kurang serius dalam mengikuti pembelajaran sehingga kurang memahami pelajaran yang diberikan guru; 4) Upaya guru untuk mengatasi kendala yang dihadapi peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi yaitu dengan diadakannya pembelajaran luring (tatap muka) secara bergiliran dengan waktu terbatas, dan menjalin hubungan baik dengan orang tua peserta didik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pembelajaran en_US
dc.subject Aqidah Akhlak en_US
dc.subject Pandemi Covid-19 en_US
dc.title PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK PADA MASA PANDEMI DI KELAS VIII MTS ISLAMIYAH PONTIANAK TAHUN AJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account