PENGARUH GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS XI SEMESTER GANJIL SMAN 02 GALING KABUPATEN SAMBAS TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Rianawati
dc.contributor.author WAHYUNI, TUTI
dc.date.accessioned 2023-01-18T03:23:54Z
dc.date.available 2023-01-18T03:23:54Z
dc.date.issued 2021-11
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2097
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi fakta yang peneliti temukan di SMAN 02 Galing bahwa ketika mengajar, guru kurang memperhatikan gaya belajar siswa, sehingga metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru PAI masih bersifat klasik. Selain guru yang mengajar, siswa juga belum mampu memahami gaya belajarnya sendiri, danbagaimana cara belajar yang sesuai dengan gaya belajar yang mereka miliki. Adapun tujuan penelitian ini untuk menganalisis: (1) Gaya Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas XI di SMAN 02 Galing, (2) Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas XI di SMAN 02 Galing, (3) Pengaruh Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas XI di SMAN 02 Galing. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian kavsal. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas XI SMAN 02 Galing. Teknik pengumpulan berupa komunikasi tidak langsung, pengukuran dan studi dokumen dengan alat pengumpulan data yang digunakan adalahangket dan photo copy. Analisis data menggunakan (1) Analisis instrumen berupa validitas isi, perbutir dan keseluruhan butir serta validitas konstruk dan reliabilitas (2) Analisis deskriptif berupa rata-rata dan persentase dan (3) Analisis pengaruh berupa pemeriksaan asumsi normalitas, persamaan regresi, uji kesesuaian model linier, uji hipotesis serta indeks determinasi. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan SPSS dapat disimpulkan bahwa: (1) Gaya Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran PAI di SMAN 02 Galing Tahun Pelajaran 2018/2019 untuk gaya belajar visual yang memperoleh nilai 71,49% yang termasuk kategori cukup, selanjutnya gaya belajar auditorial memperoleh nilai 73,59% yang termasuk kategori cukup dan gaya belajar kinestetik memperoleh nilai 68,71% yang termasuk kategori kurang. Dengan demikian, dapat diketahui bahwa rata-rata jawaban siswa yang diberikan melalui angket memperoleh nilai rata-rata persentase 73,59% berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, maka perolehan nilai berkaisar antara 60-75% termasuk dalam kategori cukup. (2) Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran PAI Tahun Pelajaran 2018/2019 diperoleh rata-rata 79,49%. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, maka perolehan ini berkaisar antara 76-85% dikategorikan baik. (3) Tidak terdapat pengaruh yang positif yang signifikan dariGaya Belajar terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas XI di SMAN 02 Galing Tahun Pelajaran 2018/2019. Pengaruhnya sebesar 3,8% dan sisanya sebesar 96,2% dipengaruhi oleh faktor lain selain Gaya Belajar. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Gaya belajar en_US
dc.subject Hasil Belajar Siswa en_US
dc.title PENGARUH GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS XI SEMESTER GANJIL SMAN 02 GALING KABUPATEN SAMBAS TAHUN PELAJARAN 2018/2019 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account