STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA NAHDLATUL ULAMA 2 PONTIANAK DI MASA PENDEMI COVID-19 TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sahrani
dc.contributor.advisor Adi Purwoko, Arief
dc.contributor.author QUTRATUN NADA, SYARIFAH
dc.date.accessioned 2023-01-18T02:42:38Z
dc.date.available 2023-01-18T02:42:38Z
dc.date.issued 2021-10
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2087
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; (1) Strategi pembelajaran jarak jauh dalam mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nahdlatul Ulama 2 Pontianak di masa pandemi covid-19 tahun pelajaran 2020/2021; (2) Pelaksanaan sistm pembelajaran jarak jauh dalam matapelajaran Al-Qur‟an Hadits pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nahdlatul Ulama 2 Pontianak di masa pandemi covid- 19 tahun pelajaran 2020/2021; (3) Kendala yang dihadapi oleh guru, siswa dan orang tua dalam sistem pembelajaran jarak jauh dalam mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nahdlatul Ulama 2 Pontianak di masa pandemi covid- 19 tahun pelajaran 2020/2021. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru, siswa dan orang tua kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nahdlatul Ulama 2 Pontianak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa; 1) Strategi pembelajaran yang ialah strategi pembelajaran jarak jauh. Konsep pembelajarannya menggunakan strategi reading aloud dan everyone is a teacher. 2) Pelaksanaan sistem pembelajaran jarak jauh dalam mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits pada siswa kelas IV memiliki langkah-langkah dalam pembelajarannya yaitu penugasan, monitoring dan evaluasi. 3) Kendala dalam sistem pembelajaran jarak jauh yaitu terdapat pada siswa dan teknologi, adanya penambahan biaya pembelian kouta, orang tua harus lebih ekstra mendampingi anak, siswa dipaksa untuk belajar tanpa memiliki sarana dan prasana yang mencukupi seperti hp, kouta dan lain sebagainya, dan siswa harus mampu untuk mengoperasionalkan teknologi yang yang digunakan dalam pembelajaran. Dengan demikian, maka kelebihan dalam sistem pembelajaran jarak jauh yakni dapat melakukan pembelajaran dimana dan kapan saja, menambah wawasan dalam mengoperasionalkan kemajuan teknologi informasi yang sedang berkembang. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Strategi Pembelajaran Jarak jauh en_US
dc.subject Mata Pelajaran Al-Qur‟an Hadits en_US
dc.title STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA NAHDLATUL ULAMA 2 PONTIANAK DI MASA PENDEMI COVID-19 TAHUN PELAJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account