PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN PAI TERHADAP HASIL BELAJAR RANAH PSIKOMOTORIK KELAS XI MIA 2 DI SMA NEGERI 9 PONTIANAK TAHUN AJARAN 2018/2019

Show simple item record

dc.contributor.advisor Razi, Fahrul
dc.contributor.advisor Handini, Agus
dc.contributor.author SYAFITRI
dc.date.accessioned 2023-01-17T02:29:45Z
dc.date.available 2023-01-17T02:29:45Z
dc.date.issued 2018-10
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2077
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi bahwa pendekatan saintifik kedepannya menjadi pendekatan yang berpikir kritis dan mampu membuat perubahan siswa, menjadi lebih baik kedepannya. Akan tetapi kenyataan yang didapat peneliti bahwa pada pendekatan saintifik tersebut guru jarang menjelaskan materi pembelajaran, karena guru beranggapan bahwa dengan kurikulum yang baru ini guru tidak perlu menjelaskan isi semua materi. Oleh karena itu peneliti menganggap bahwa pendekatan saintifik tersebut dianggap akan mempengaruhi minat belajar dan akan berdampak pada hasil belajar PAI pada ranah psikomotorik. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap (1) aktivitas pembelajaran dalam pelaksanaan pendekatan saintifik pada pembelajaran PAI siswa kelas XI MIA 2 ;2) hasil belajar ranah psikomotorik siswa kelas XI MIA 2 ;3) Berapa besar konstribusi pendekatan saintifik dengan hasil belajar ranah psikomotorik siswa kelas XI MIA 2 ;4) Pengaruh signifikan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar ranah psikomotorik kelas XI MIA 2. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, dengan metode deskriptif dan bentuk penelitian ini adalah penelitian ex post-facto. Populasi pada penelitian ini berjumlah 209 orang dan jumlah sampel sebanyak 23 orang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah pengukuran yang berupa tes berbentuk ceklis dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi. Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) aktivitas pembelajaran dalam pelaksanaan pendekatan saintifik pada pembelajaran PAI siswa kelas XI MIA 2 adalah 68 pada rentang (60 – 79) yang berkategori “Baik”; 2) hasil belajar ranah psikomotorik siswa kelas XI MIA 2 adalah 77 pada rentang (60 – 79) yang berkategori “Baik”; 3) Besar konstribusi pendekatan saintifik dengan hasil belajar ranah psikomotorik adalah 26,7%. 4) pendekatan sainitifk signifikan terhadap hasil belajar ranah psikomotorik. maka nilai signifikansinya adalah 0,012 > 0,05 ternyata nilai sig < alpha dengan demikian maka Ho diterima yang berarti pendekatan saintifik pada pembelajaran PAI tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ranah psikomotorik kelas XI MIA di SMA N 9 Pontianak Tahun Ajaran 2018/2019. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pendekatan Saintifik en_US
dc.subject Hasil Belajar Ranah Psikomotorik en_US
dc.title PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN PAI TERHADAP HASIL BELAJAR RANAH PSIKOMOTORIK KELAS XI MIA 2 DI SMA NEGERI 9 PONTIANAK TAHUN AJARAN 2018/2019 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account