IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS VIII DI SMP NEGERI 12 PONTIANAK TAHUN 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rianawati
dc.contributor.advisor Fitriyanto, Andry
dc.contributor.author LESTARI, ISWAHYUNI
dc.date.accessioned 2023-01-16T08:29:27Z
dc.date.available 2023-01-16T08:29:27Z
dc.date.issued 2021-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2071
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan permasalahan yang ada pada penelitian yaitu (1) Nilai-nilai karakter yang diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas VIII di SMP Negeri 12 Pontianak, (2) Cara mengimplementasikan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas VIII di SMP Negeri 12 Pontianak, (3) Proses mengimplementasikan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas VIII di SMP Negeri 12 Pontianak, (4) Faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas VIII di SMP Negeri 12 Pontianak, (5) Dampak implementasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas VIII di SMP Negeri 12 Pontianak. Berdasarkan pertanyaan di atas, metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini adalah bapak Musonnif, S.Pd selaku guru mata pelajaran PAI dan tiga narasumber Sheila Dwieva Nurazarina, Charrissa Safira Nabila, dan Davina Miftakhaira selaku siswa kelas VIII di SMP Negeri 12 Pontianak. Teknik analisis data mengggunakan analisis data Miles and Huberman, pada tahap reduksi data, display data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) Nilai-nilai karakter yang ditanamkan dalam pembelajaran PAI yakni religius, disiplin, kerja sama, tanggung jawab, kejujuran, dan kesantunan, (2) Cara mengimplemtasikan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran PAI dapat dilihat dari cara guru menerapkan dengan metode pembiasaan serta ketauladan perilaku baik, (3) Proses pengimplementasian nilai- nilai karakter pada kegiatan belajar mengajar ialah dengan memasukkan nilai-nilai karakter dalam tahapan-tahapan pembelajaran dengan acuan perangkat pembelajaran yaitu RPP dan Silabus, (4) Faktor penghambat terlaksananya implementasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran PAI yaitu sulitnya mengubah karakteristik bawaan anak yang tidak baik sehingga mempengaruhi karakteristik siswa yang lain. Sedangkan faktor pendukung yang ada yakni sarana dan prasarana memadai yang disediakan sekolah sehingga membuat siswa antusias dalam belajar, (5) Dampak yang terjadi dengan adanya implementasi nilai-nilai karakter menjadikan tertanamnya karakter yang baik pada siswa, baik di lingkungan sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Implementasi Nilai-Nilai Karakter en_US
dc.subject Pembelajaran Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject SMP Negeri 12 Pontianak en_US
dc.title IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS VIII DI SMP NEGERI 12 PONTIANAK TAHUN 2019/2020 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account