PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TAJWID UNTUK MENTAHSINKAN BACAAN AL-QUR’AN PADA SANTRIWATI TINGKAT MADRASAH TSANAWIYAH KELAS VII PESANTREN DARUSSALAM SENGKUBANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.advisor YAPANDI
dc.contributor.advisor Hasanah, Nor
dc.contributor.author MIR’ATUL AULIYA, SITI
dc.date.accessioned 2023-01-16T06:50:45Z
dc.date.available 2023-01-16T06:50:45Z
dc.date.issued 2020-12
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2066
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh persoalan pentingnya membaca Al- Qur‟an dengan baik dan benar serta mengetahui hukum-hukum Tajwid yang terdapat pada Al-Qur‟an. Berangkat dari hal ini maka peneliti ingin mengkaji tentang pelaksanaan pembelajaran Tajwid untuk mentahsinkan bacaan Al-Qur‟an pada santriwati Madrasah Tsanawiyah kelas VII Darussalam Sengkubang. Tujuan penelitian dalam skripsi ini yaitu : untuk mengetahui dan mendapatkan data tentang (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Tajwid pada santriwati tingkat madrasah tsanawiyah kelas VII pesantren Darussalam Sengkubang tahun pelajaran 2019/2020. (2) Bagaimana bacaan Al-Qur‟an pada santriwati Madrasah Tsanawiyah kelas VII Pesantren Darussalam Sengkubang tahun pelajaran 2019/2020. (3) Apa hambatan dan solusi dalam proses pelaksanaan pembelajaran Tajwid pada santriwati Madrasah Tsanawiyah kelas VII Pesantren Darussalam Sengkubang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Untuk memperoleh data yang berhubungan dengan fokus peneltian, peneliti menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi melalui reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Data dikumpulkan dengan proses kerjanya yang dipaparkan secara sistematis, faktual dan aktual. Hasil penelitian ini adalah. (1) Pelaksanaan pembelajaran Tajwid di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Darussalam Sengkubang meliputi perencanaan, proses dan evaluasi pembelajaran dan menggunakan beberapa metode. (2) Bacaan Al- Qur‟an pada santriwati Madrasah Tsanawiyah kelas VII awalnya masih terdapat beberapa santri yang belum mengetahui bagaimana cara membaca Al-Qur‟an dengan baik dan benar dan hukum bacaan yang terdapat dalam Al-Qur‟an, namun setelah mengikuti pembelajaran Tajwid terdapat peningkatan dalam membaca Al- Qur‟an santri. (3) Hambatan masih dialami oleh guru dan santri dalam proses pembelajaran seperti santri yang ribut ketika proses pembelajaran berlangsung dan terdapat santri yang belum lancar membaca Al-Qur‟an sehingga menghambat pemaham santri tentang Tajwid, dalam hal ini guru mempunyai solusi untuk mengatasinya dengan memberikan binaan khusus kepada santri yang bersangkutan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pembelajaran en_US
dc.subject Tajwid en_US
dc.title PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TAJWID UNTUK MENTAHSINKAN BACAAN AL-QUR’AN PADA SANTRIWATI TINGKAT MADRASAH TSANAWIYAH KELAS VII PESANTREN DARUSSALAM SENGKUBANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account