PENERAPAN STRATEGI PETA KONSEP YANG DIVARIASIKAN DENGAN LAGU DALAM PEMBELAJARAN SKI MATERI WALI SONGO DI KELAS IX D MTS N 2 PONTIANAK TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

Show simple item record

dc.contributor.advisor Razi, Fahrul
dc.contributor.advisor Rosilawati, Ana
dc.contributor.author Dzulfrilla Rahmani, Shilva
dc.date.accessioned 2023-01-16T04:25:31Z
dc.date.available 2023-01-16T04:25:31Z
dc.date.issued 2019-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2063
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh strategi Peta Konsep yang digunakan oleh guru pembelajaran SKI saat menjelaskan materi Wali Songo di kelas IX D yang ternyata kurang menumbuhkan motivasi belajar siswa dalam proses belajar mengajar, seperti siswa yang berbicara di luar konteks pembelajaran, siswa yang melamun saat mengikuti pembelajaran, beberapa siswa saja yang dominan aktif dalam proses diskusi, serta suasana belajar yang terlalu monoton. Penelitian ini menggunakan pendekatakan kualitatif deskriptif dengan metode pendekatan ex post facto. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Sumber data primer dalam penelitian ini, yaitu kuesioner/data hasil wawancara peneliti dengan peserta didik kelas IX D di MTs N 2 Pontianak. Pengambilan sampel/responden dilakukan dengan Purposive Sampling. Sedangkan sumber data sekundernya adalah guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan, (1) Langkah-langkah yang tepat dalam menggunakan strategi Peta Konsep yang divariasikan dengan Lagu dalam menyampaikan materi Wali Songo di kelas IX D bisa disesuaikan dari langkah- langkah Peta Konsep yang telah ada sebelumnya, penempatan lagu bisa diletakkan di awal, di tengah, maupun di akhir pembelajaran. (2) Kesulitan yang dialami yaitu guru harus dapat mencari lagu yang sesuai atau populer. Selain itu, guru harus bisa memasukkan materi pelajaran ke dalam lagu yang akan dinyanyikan. Terakhir, guru harus dapat membuat situasi kelas tetap kondusif. (3) Cara mengatasi kesulitan yang dialami yaitu guru bisa menambah referensi lagu- lagu yang sedang populer, lalu mencari kata-kata yang mudah dimengerti agar bisa lebih gampang memasukkan poin-poin dalam materi pembelajaran ke dalam lagu tersebut. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Peta Konsep en_US
dc.subject Lagu en_US
dc.subject SKI en_US
dc.title PENERAPAN STRATEGI PETA KONSEP YANG DIVARIASIKAN DENGAN LAGU DALAM PEMBELAJARAN SKI MATERI WALI SONGO DI KELAS IX D MTS N 2 PONTIANAK TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account