KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTsN JAWAI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Show simple item record

dc.contributor.advisor Misdah
dc.contributor.advisor MA'RUF
dc.contributor.author SATRIANI
dc.date.accessioned 2023-01-16T04:04:08Z
dc.date.available 2023-01-16T04:04:08Z
dc.date.issued 2019-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2061
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya tuntutan bagi seluruh tenaga pendidikan untuk dapat melaksanakan tugasnya secara profesional, baik bagi guru maupun kepala madrasah. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi profesional guru rumpun Pendidikan Agama Islam MTsN Pemangkat tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder, yaitu: sumber primer adalah kepala madrasah MTsN dan sumber sekunder adalah Guru rumpun Pendidikan Agama Islam. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah melalui tahapan: Pengumpulan data, Reduksi data, Penyajian data, dan penarikan kesimpulan (Verfication), sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data yaitu member check, dan triangulasi. Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka Penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Realitas profesional guru rumpun Pendidikan Agama Islam di MTsN Pemangkat tahun pelajaran 2017/2018. Di MTsN Pemangkat, sebagian guru dianggap telah menguasai kemampuan dan ada juga yang belum begitu menguasai sejumlah kemampuan dalam mengajar yang berkaitan dengan proses pembelajaran antara lain kemampuan menguasai materi, kemampuan metode pembelajaran, kemampuan dalam mengembangkan materi. 2) Langkah-langkah yang dilakukan oleh Kepala Madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan Kompetensi Profesional, meliputi empat tahapan yaitu; a) tahap perencanaan dengan cara mempersiapkan perencanaan supervisi, b) tahap pelaksanaan yaitu melaksanakan apa yang telah direncanakan, c) ketiga tahap evaluasi untuk menilai hasil selama pelaksanaan supervisi, dan d) yang keempat tahap tindak lanjut untuk memperbaiki segala kekurangan dari kegiatan supervisi yang telak dilaksanakan. 3). Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan peran Kepala Madrasah sebagai supervisor, terdapat beberapa faktor pendukung, dan penghambat. Faktor Internalnya yaitu potensi guru di madrasah ini rata-rata berpendidikan Strata 1 (S1) sesuai dengan bidang, sedangkan secara Eksternal yaitu kepala madrasah dibantu oleh pengawas dalam pelaksanaan supervisi, serta peningkatan mutu, dan pengembangan kemampuan guru yang mendukung. Faktor penghambat secara Internal, yaitu kurangnya kesiapan guru dalam menghadapi, sedangkan secara Eksternal yaitu kurang antuasiasnya guru-guru dalam menghadapi supervisi, serta kesibukan kepala madrasah, dan beban kerja yang cukup tinggi sehingga menghambat proses pelaksanaan supervisi. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.title KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTsN JAWAI TAHUN PELAJARAN 2018/2019 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account