PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK BERBASIS KARAKTER PADA SISWA KELAS VIII MTs TI AL-MADANI KOTA PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rianawati
dc.contributor.advisor Budiyono
dc.contributor.author ELLYZA, SASKYA
dc.date.accessioned 2023-01-16T01:59:29Z
dc.date.available 2023-01-16T01:59:29Z
dc.date.issued 2022-05
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2037
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesenjangan antara apa yang dilakukan oleh Akidah Akhlak dalam proses menanamkan nilai-nilai karakter yang dilakukan guru terhadap siswa. Secara umum fokus penelitan ini adalah sebagai berikut : 1) Bagaimana kegiatan Awal dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Karakter pada siswa kelas VIII MTs Ti Al-Madani Kota Pontinak Tahun Pelajaran 2020/2021? 2) Bagaimana kegiatan inti dalam pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Karakter pada siswa kelas VIII MTs Ti Al-Madani Kota Pontinak Tahun Pelajaran 2020/2021? 3) Bagaimana kegiatan akhir dalam pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Karakter pada siswa kelas VIII MTs Ti Al-Madani Kota Pontinak Tahun Pelajaran 2020/20201? Adapun penelitian ini dilaksanakan di MTs Ti Al-Madani Jalan Sungai Raya Dalam Gang Al-Madani. Subjek penelitian ini adalah guru bidang studi Akidah Akhlak MTs Ti Al-Madani. Teknk pegumpulan data yang digunakan yaitu, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, display data, penarikan kesimpulan. Adapun teknik pemeriksaan keabsahaan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah member chek dan trigulasi data.Berdasarkan hasil peneliti yang dilakukan maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) menanamkan nilai- nilai karakter pada kegiatan pendahuluan ialah dengan cara menyiapkan kondisi (karakter disiplin),guru mengucap salam dan membaca doa (karakter religius), guru mengecek kehadiran siswa (karakter peduli sosial), guru menyampaiakan tema dan tujuan pembelajaran (karakter rasa ingin tahu), guru melakukan appersepsi dan pre-tes (karakter mandiri), serta guru memberikan memotivasi awal (rasa ingin tahu). 2) menanamkan nilai-nilai karakter pada kegiatan inti ialah nilai karakter yang ditanamkan melalui proses tranformasi, transaksi dan transinternalisasi sebagai berikut: Eksplorasi: menjelaskan materi (disiplin), melibatkan siswa mencari informasi yang luas tentang materi yang disampaikan (mandiri). Interaksi antara guru dan siswa (saling menghargai), aktifitas siswa dalam belajar (mandiri), Pada kegiatan Elaborasi: Membiasakan siswa membaca dan menulis melalui tugas (kreatif), pemberian tugas secara lisan maupun tulisan (percaya diri), memberikan kesempatan siswa untuk berpikir (percaya diri), berkompensi secara sehat (jujur). pada kegiatan konfirmasi: Memberi umpan balik positif dan penguatan (Saling Menghargai), memberi konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi (percaya diri), Membimbing siswa mengecek hasil eksplorasi (percaya diri), Memberikan motivasi.3)menanamkan nilai-nilai karakter pada kegiatan akhir ialah guru menyimpulkan pelajaran yang telah disampaikan (kreatif), kemudian guru melakukan post test (mandiri), memberikan motivasi akhir (rasa ingin tahu), membaca doa dan di akhiri dengan mengucap salam (religius). en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Karakter en_US
dc.title PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK BERBASIS KARAKTER PADA SISWA KELAS VIII MTs TI AL-MADANI KOTA PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account