PENERAPAN KARAKTER RELIGIUS DAN DISIPLIN MELALUI PELAKSANAAN SHALAT DHUHA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rianawati
dc.contributor.advisor ZAINI, AKHMAD
dc.contributor.author ADRIAN, RIZKI
dc.date.accessioned 2023-01-02T10:49:11Z
dc.date.available 2023-01-02T10:49:11Z
dc.date.issued 2021-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1960
dc.description.abstract Penelitian ini berlatar belakang peneliti melihat siswa Kelas VIII SMP Negri 6 Pontianak selalu melaksanakan shalat Dhuha sebelum memulai pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Guru Pendidikan Agama Islam selalu memerintahkan peserta didik untuk shalat dhuha Sebagai penerapan karakter kepada setiap peserta didik. Guru Pendidikan Agama Islam berpendapat bahwa melalui program shalat Dhuha, Siswa dapat mempunyai nilai karakter religius dan disiplin. Peneliti tertarik meneliti masalah ini, bagaimana penerapan karakter religius dan disiplin melalui pelaksanaan shalat dhuha pada peserta didik. Penelitian ini berfokus pada; 1) Bagaimana proses pelaksanaan shalat dhuha pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 6 Pontianak tahun pelajaran 2019/2020, 2) Bagaiman penerapan karakter religius melalui pelaksanaan shalat dhuha pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 6 Pontianak tahun pelajaran 2019/2020, 3) Bagaimana penerapan karakter disiplin melalui pelaksanaan shalat dhuha pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 6 Pontianak tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitaif, jenis penelitian Studi Kasus (Case Study). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Pontianak. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data berupa reduksi data, penyajian data (display data), Verifikasi dan keabsahan data. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi dan member check. Hasil penelitian ini yaitu : 1) Proses pelaksanaan shalat dhuha yaitu waktu, tempat, jumlah rakaat, tata cara, dan kendala pelaksanaan shalat dhuha. 2) Dalam pelaksanaan shalat dhuha tentu saja yang paling penting adalah muncul nilai karakter religius, kemudian tanggung jawab, disiplin, dan kebersamaan (bersahabat/komunikatif). Penerapan karakter religius melalui pelaksanaan shalat dhuha yaitu nilai karakter religius dan penerapan nilai karakter religius dalam pelaksanaan shalat dhuha meliputi penerapan nilai karakter religius di sekolah, dan penerapan karakter religius di luar sekolah. 3) Dalam pelaksanaan shalat dhuha tentu saja yang paling penting adalah muncul nilai karakter religius, kemudian tanggung jawab, disiplin, dan kebersamaan (bersahabat/komunikatif). Penerapan karakter disiplin melalui pelaksanaan shalat dhuha yaitu nilai karakter disiplin dan penerapan nilai karakter disiplin dalam pelaksanaan shalat dhuha meliputi penerapan nilai karakter disiplin di sekolah, dan penerapan karakter disiplin di luar sekolah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Penerapan karakter religius en_US
dc.subject disiplin dalam shalat dhuha en_US
dc.title PENERAPAN KARAKTER RELIGIUS DAN DISIPLIN MELALUI PELAKSANAAN SHALAT DHUHA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account